Mengenal WordPress Theme Lebih Lanjut

Buat anda para editor blog pasti sudah tidak asing lagi dengan website blogger satu ini. Sebelum membahas mengenai WordPress Theme, ada kalanya anda mengenal sekilas tentang wordpress dan manfaatnya. Jika anda ingin membuat suatu website ada berbagai cara dan platform yang sudah tersedia sehingga anda tinggal memilih melalui apa. Misalnya dengan cara manual seperti coding HTML atau jika anda tidak ingin ribet anda bisa menggunakan yang namanya CMS atau Content Management System.

CMS adalah cara untuk membuat website secara instan tanpa coding. Cara ini dapat memudahkan anda untuk membuat website. Salah satu yang termasuk CMS adalah WordPress ini. WordPress merupakan sebuah platform pembuatan website. WordPress diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Sekilas sejarahnya, karena ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog dan pada saat itu Matt dan Mike merupakan salah satu penggunanya akhirnya muncullah inisiatif untuk membuat software yang serupa. Awal mula perkembangannya pada tahun 2004, Matt dan Mike berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi dasar yang sama seperti yang dimiliki b2/cafeblog dengan modifikasi ala mereka berdua. Lalu, berkembanglah WordPress ini hingga menjadi CMS paling popular di seluruh dunia. Hal menariknya dari WordPress ini adalah open source yang artinya penggunanya dapat dengan bebas untuk memodifikasinya dan menggunakan CMS ini secara gratis. Plugin yang disediakan juga mudah sehingga pengguna dapat menambahkan fitur website dengan sekali klik.

Saatnya kita menuju ke pembahasan utama. Dalam WordPress terdapat fitur yang bernama WordPress Theme. WordPress Theme merupakan komponen yang penting sebagai plugins. Fungsinya untuk menambah fungsional tampilan atau layout website anda sehingga dapat menarik pembaca untuk mengunjungi website anda. Seperti halnya manusia, anda juga tidak mungkin memakai baju yang sama dalam waktu satu bulan, bahkan satu hari. WordPress Theme ini bagaikan baju atau kostum untuk memberi kesan atau tampilan yang berbeda dan elegan untuk dilihat, tidak terlalu monoton. WrodPress telah menyediakan tema yang default untuk seluruh pengguna.

Namun, pengguna juga bisa menggantinya sesuai dengan kebutuhan. Cara install WordPress Theme mudah. Yang pertama cari Theme di Repository WordPress atau Google, pilih sesuai selera dan kebutuhan anda yang cocok, setelah itu install theme tersebut. Mudah bukan? Jika anda masih merasa kurang dengan fitur Theme anda, anda bisa memilih Premium WordPress Theme, walaupun berbayar namun fungsi fitur yang disuguhkan lebih banyak di bandingkan dengan Free WordPress Theme.

Beberapa dari template berikut mungkin dapat menjadi bahan rujukan anda dalam mencari WordPress Theme. Yang pertama bernama Hestia. Sebuah tema WordPress multipurpose dengan layout yang sangat cocok untuk berbagai tipe website. Termasuk bisnis, perusahaan korporat, situs portfolio, web e-commerce, situs judi online dan lain sebagainya. Yang kedua yakni Shapel. Salah satu tema WordPress terbaik yang praktis dan indah. Developer template ini berhasil menggabungkan nilai fungsionalitas tinggi namun dengan grafik yang memukau. Desainnya kompatibel dengan berbagai macam perangkat baik itu handphone, tablet, laptop, dan computer. Rujukan yang ketiga yakni Illdy.

Salah satu template multipurpose WordPress yang fleksible dengan desain yang sudah dikembangkan untuk menjadi tema WordPress yang komprehensif dan dapat digunakan secara gratis. Tema ini sudah dipersiapkan untuk membuat website anda canggih dan kontemporer dengan beragam fitur handal tanpa perlu menulis kode apapun. Itu tadi merupakan sekilas penjelasan mengenai WordPress Theme semoga bermanfaat.

Cara Penyesuaian Widget BottomNavigation Pada Aplikasi Flutter Anda
Social Widget WordPress

Cara Penyesuaian Widget BottomNavigation Pada Aplikasi Flutter Anda

wpbars – XQuery merupakan simpel, tetapi kokoh, bahasa scripting yang didesain buat membolehkan konsumen tanpa penataran pembibitan pemrograman resmi buat mengekstrak, mengganti, serta memalsukan informasi XML. Tidak hanya itu, bahasa ini ialah standar yang diperoleh serta saran W3C semacam standar saudaranya, XML serta XSLT. Dengan tutur lain, raison detre XQuery amat cocok dengan keinginan arsiparis dikala ini. Selanjutnya ini merupakan cerminan pendek, efisien, XQuery buat arsiparis yang hendak membolehkan arsiparis dengan uraian yang runcing mengenai XML, XPath, serta EAD buat mulai bereksperimen dengan memalsukan informasi EAD memakai XQuery.

Cara Penyesuaian Widget Bottom Navigation Pada Aplikasi Flutter Anda

Cara Penyesuaian Widget BottomNavigation Pada Aplikasi Flutter Anda

Cara Penyesuaian Widget BottomNavigation Pada Aplikasi Flutter Anda – Pengarsip tidak butuh dijual dalam XML– repositori di semua negara sudah jadi konsumen dini teknologi ini semenjak tahun 1990- an. Pada dasarnya seluruh standar informasi arsip sudah dibesarkan buat XML( EAD) ataupun sudah diadaptasi buat penggunaannya( MARC). Kelangsungan, standarisasi, elastisitas sistemis, serta keringanan pemakaian sudah meyakinkan kalau XML merupakan perlengkapan yang kokoh serta esensial untuk arsiparis era ke- 21. Tetapi, sedangkan arsiparis sudah lama menaruh perlengkapan tolong pencarian di EAD, terdapat perbandingan keahlian penting antara pengkodean perlengkapan tolong pencarian serta betul- betul melaksanakan apa juga dengan informasi itu. i Metode sangat biasa para arsiparis menggunakan informasi XML merupakan lewat lembar style XSLT, kerap kali buat diperlihatkan informasi dalam catatan jauh yang bisa digulir. Baru- baru ini, terdapat aksi buat meningkatkan sistem data arsip yang lebih mutahir serta gampang dipakai. ii Lebih jauh lagi, arsip yang sudah banyak mendanakan dalam meningkatkan perlengkapan tolong pencarian EAD hendak suka buat mengotomatiskan pemakaian kembali informasi ini buat akses yang lebih gampang, aktivitas penjangkauan, serta lagi. Lumayan simpel, memalsukan serta memformat balik informasi XML sudah jadi keahlian yang bernilai untuk arsiparis serta XQuery sediakan tata cara simpel serta gampang dipelajari buat melaksanakan perihal itu.

Ini sama sekali bukan identifikasi yang menyeluruh buat XQuery– buat itu, arsiparis butuh mencari pangkal energi yang lebih konvensional semacam yang diadakan di akhir postingan ini. Tetapi, mengawali dengan riset XQuery yang jauh serta menyeluruh bisa jadi cuma menunda pengalaman langsung serta membuat frustrasi orang yang tidak adem. Pengarsip bisa jadi merasa lebih gampang buat menyelami serta bereksperimen dengan bahasa itu saat sebelum mencari uraian yang lebih besar. Yang diperlukan arsiparis merupakan bimbingan simpel serta gampang diakses buat mengawalinya. Bila Kamu hadapi permasalahan dikala memakai bimbingan ini, coba cari permasalahan Kamu di Stack Overflow ataupun dengan mesin pelacak kesukaan Kamu.

– XQuery dan XSLT Sekarang, bagi arsiparis yang memiliki pengalaman dengan XSLT, XQuery terdengar sangat mirip dengan transformasi lembar gaya XML ini. XSLT juga dapat digunakan untuk mengubah dan memanipulasi data XML, digunakan secara luas jauh sebelum XQuery, dan memiliki keuntungan karena dikompilasi oleh browser web. Ini berarti data XML dapat diproses di sisi server dengan XSLT sedangkan browser saat ini tidak dapat membaca XQuery tanpa add-on atau solusi khusus. Pengarsip tidak harus belajar dan beradaptasi dengan perangkat lunak baru untuk mencoba XSLT – mereka baru saja bereksperimen dengan transformasi stylesheet dengan menggunakan browser web yang mereka kenal. Ini mungkin mengapa XSLT lebih banyak digunakan dalam komunitas arsip. Sekolah pascasarjana umumnya mengajarkan XSLT dan banyak arsiparis telah menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari standar tersebut. Namun, sementara XSLT dan XQuery tumpang tindih dalam beberapa hal, ada beberapa perbedaan penting yang membuat yang terakhir lebih berguna dalam banyak kasus.

– Mengapa XQuery? Jadi mengapa menggunakan atau mempelajari XQuery? Yang terpenting, ini jauh lebih sederhana dan tidak terlalu bertele-tele daripada XSLT, yang ditulis dalam XML itu sendiri. Ini membuat XSLT membutuhkan lebih banyak karakter untuk melakukan tindakan yang sama daripada XQuery (lihat lampiran untuk perbandingan). Meskipun ini tidak tampak seperti keuntungan besar, itu sebenarnya. Skrip XQuery lebih bersih, lebih sederhana, seringkali lebih cepat untuk ditulis, dan lebih mudah dirawat. Hal ini membuat pengguna lebih mungkin untuk benar-benar menggunakan bahasa tersebut dan memanfaatkan data XML mereka dengan lebih efektif. Seperti yang dikatakan Steve Krug tentang pengujian kegunaan: jika tugas sulit, tugas itu akan dihindari, sedangkan jika tugas lebih mudah, kemungkinan besar tugas itu akan dilakukan lebih sering.iv Pengarsip yang menghindari pembaruan file XSLT besar yang diturunkan sejak lama dari buku masak EAD asli pasti akan bersimpati.

Baca Juga : Langkah Mudah Membuat Widget WordPress Kustom

Kedua, XQuery lebih kuat dari XSLT. Itu dapat melakukan lebih banyak fungsi dan membuat tugas-tugas kompleks lebih mudah. Fungsi adalah inti dari kedua bahasa – anggap mereka sebagai kata ajaib yang telah diprogram sebelumnya yang membantu pengguna untuk dengan mudah melakukan tindakan kompleks dengan data mereka. Di XQuery, pengguna tingkat lanjut bahkan dapat menulis fungsi mereka sendiri dengan lebih mudah daripada di XSLT. Sementara XSLT 3.0 telah memperkenalkan lebih banyak fungsi, ini bahkan tidak dapat dibandingkan dengan XQuery yang memiliki 225 fungsi bawaan yang dapat dengan mudah memeriksa apakah suatu elemen ada atau berisi data, mengedit string karakter dengan cara yang rumit, menentukan posisi relatif elemen, dan banyak lagi. lebih banyak alat yang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil maksimal dari data mereka.

Jadi, XQuery memungkinkan arsiparis untuk berbuat lebih banyak dengan data mereka, dan membuat mereka lebih mungkin melakukannya. Namun, keuntungan terbesarnya mungkin karena memaksa mereka untuk menganggap file EAD sebagai data bukan sebagai daftar atau indeks. Tidak seperti XSLT, XQuery dirancang untuk query XML – ini dirancang agar pengguna menanyakan data apa yang mereka inginkan dan bagaimana mereka menginginkannya. Ini akan memaksa arsiparis untuk melihat deskripsi mereka sebagai unit informasi yang terpisah. Deskripsi tidak hanya memiliki hubungan kontekstual dengan deskripsi sekitarnya yang menyampaikan urutan asli, tetapi juga dapat berguna untuk mengembalikan deskripsi terpisah sebagai hasil pencarian atau menyusun ulang data untuk menampilkan informasi dengan cara yang berbeda (dan mungkin lebih mudah diakses). Hal ini konsisten dengan argumen terbaru bahwa tingkat tunggal alat bantu pencarian EAD berguna sebagai elemen diskrit untuk navigasi dan secara keseluruhan akan berfungsi untuk menjauhkan EAD dari tampilan yang dilihat peneliti.vi Dengan demikian, EAD akan menjadi penyimpan data deskripsi arsip sementara tambahan antarmuka atau sistem informasi menanyakannya daripada mengubah atau memformat ulangnya.

– Apa yang Saya Perlukan untuk Menggunakan XQuery? Meskipun XQuery tidak dapat berjalan secara native di browser umum, ada beberapa cara untuk mulai bereksperimen dengan kueri XML. Pertama, Saxon memproses XQuery serta XSLT, jadi jika Anda memiliki akses ke perangkat lunak desktop seperti Oxygen XML Editor atau server yang menjalankan Saxon, Anda harus dapat menjalankan kueri seperti Anda menjalankan XSLT.vii Saxon juga dapat diatur hingga dijalankan di desktop menggunakan Java Runtime Environment melalui baris perintah. Selain itu, eXist-db adalah database XML open source yang dibuat khusus untuk menjalankan XQuery dengan arsitektur RESTful – pada dasarnya, eXist dimaksudkan untuk menjadi bagian dari layanan web biasa.viii Di sini perangkat lunak berjalan di server (atau mensimulasikan Java Runtime Environment) dan pengguna masuk ke antarmuka web untuk mengunggah dan mengelola data XML. Skrip XQuery kemudian dapat dijalankan di dalam halaman web oleh pengguna akhir. Sejak HTML adalah XML itu sendiri, dengan eXist XQuery dapat mengedit, mengubah, dan meminta HTML dan berfungsi seperti bahasa skrip sisi server. Alat Bantu Pencarian Perpustakaan Universitas Princeton memanfaatkan eXist-db. Terakhir, Zorba adalah prosesor XQuery yang dapat berjalan di baris perintah atau sebagai ekstensi ke PHP atau Python.ix Hal ini memungkinkan XQuery dijalankan dalam aplikasi web PHP atau Python sisi server.

Tata cara di atas buat melaksanakan naskah XQuery bisa jadi nampak menyeramkan ataupun membuntukan untuk banyak arsiparis, paling utama mereka yang mempunyai sedikit pengalaman dengan server serta arsitektur website. Ini, dibanding dengan sokongan browser asli, kelihatannya jadi salah satu alibi XSLT senantiasa terkenal. Tetapi, terdapat pula metode yang lebih gampang serta lebih gampang diakses buat bereksperimen dengan XQuery. Lagi pula, itu cuma bacaan.

Langkah Mudah Membuat Widget WordPress Kustom
Informasi Widget WordPress

Langkah Mudah Membuat Widget WordPress Kustom

wpbars – Perangkat lunak WordPress adalah pilihan bagi orang yang ingin membuat konten untuk web. Hanya karena populer tidak berarti itu adalah solusi sempurna apa adanya untuk setiap pembuat konten. Untungnya, Anda dapat menyesuaikan perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan Anda dengan lebih baik. Membuat widget WordPress khusus memerlukan pengetahuan tentang beberapa teknik pengkodean. Namun, membuat widget ini akan memberikan personalisasi yang mungkin Anda perlukan untuk membuat WordPress bekerja lebih baik untuk Anda.

Langkah Mudah Membuat Widget WordPress Kustom

Langkah Mudah Membuat Widget WordPress Kustom

Mengapa Membuat Widget WordPress Kustom Itu Layak
Langkah Mudah Membuat Widget WordPress Kustom – Widget WordPress adalah bagian dari kode yang memberi pengguna kemampuan untuk menambahkan elemen ke halaman WordPress dengan mudah seret dan lepas. Widget menyederhanakan penambahan elemen seperti:
a. Spanduk
b. Formulir pendaftaran
c. Menu
d. Kalender
f. Daftar

Widget menyederhanakan pembuatan situs WordPress Anda dengan elemen desain, menempatkan komponen visual yang menarik, dan informasi yang berguna bagi pembaca Anda di area yang terlihat jelas. Jika membuat widget Anda sendiri sepertinya terlalu banyak pekerjaan, pahami bahwa WordPress menyertakan banyak widget yang ada sebagai bagian dari perangkat lunak. Pengembang pihak ketiga juga secara teratur membuat widget yang sering dapat Anda gunakan secara gratis. Namun, jika tidak ada opsi widget yang ada cukup melakukan apa yang Anda perlukan, proses pembuatan widget WordPress Anda sendiri patut ditelusuri.

Investasi yang Dibutuhkan untuk Membuat Widget WordPress Kustom
Membuat widget WordPress yang disesuaikan akan membutuhkan sedikit investasi waktu di pihak Anda. Jika Anda tidak terbiasa dengan seperti apa pengkodean PHP, atau jika Anda tidak suka mengetik string teks yang tepat tanpa kesalahan, prosesnya mungkin akan memakan waktu lama, membuat frustrasi tanpa jaminan keberhasilan.

Situs dukungan WordPress menawarkan halaman referensi yang dirancang untuk membantu Anda membuat semua pengkodean dengan benar, mencantumkan berbagai opsi yang tersedia. Ini tidak serta merta membuat prosesnya mudah bagi pemula, tetapi ini akan membantu Anda menghindari beberapa kesalahan pengkodean yang signifikan yang membuat widget Anda tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Kabar baiknya adalah Anda tidak memerlukan gelar ilmu komputer untuk membuat widget kustom Anda sendiri untuk WordPress. Pendatang baru dapat melakukan pekerjaan dengan sukses, selama mereka mau mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tentang pengkodean PHP terlebih dahulu. Pahami bahwa Anda mungkin perlu meluangkan beberapa hingga beberapa jam untuk membiasakan diri dengan setidaknya teknik pengkodean paling dasar sebelum memulai widget Anda sendiri.Berita yang lebih baik lagi adalah tidak diperlukan investasi finansial yang besar untuk membuat widget khusus. Selain investasi yang Anda lakukan dalam membuat situs WordPress, mendaftar ke hosting web, dan sebagainya, tidak ada biaya tambahan untuk membuat widget khusus sendiri.

Langkah-langkah Membuat Widget WordPress Kustom
Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat widget kustom Anda sendiri. Pahami bahwa kami mencantumkan langkah paling dasar di sini. Untuk kebutuhan yang lebih tepat, Anda harus berkonsultasi dengan situs dukungan WordPress dan mempelajari teknik pengkodean PHP.

Baca Juga : Cara Menambahkan Widget Yang Berbentuk Grafik di WordPress

– Ambil Beberapa Langkah Awal
Sebelum memulai proses, kami menyarankan Anda mengambil beberapa langkah untuk melindungi situs WordPress Anda. Selama proses ini, kemungkinan membuat kesalahan besar yang merusak situs Anda kecil, tetapi memang ada.
a. Cadangkan situs: Buat cadangan lengkap situs WordPress Anda sebelum memulai proses pembuatan widget WordPress khusus.
b. Gunakan tema anak: Jangan gunakan tema WordPress utama Anda untuk membuat widget khusus pertama Anda. Kerjakan tema anak sampai Anda benar-benar nyaman dengan prosesnya untuk mencegah potensi kesalahan.
c. Temukan lingkungan pengujian: Anda akan ingin menemukan cara untuk menguji widget yang baru Anda buat di lingkungan lokal, bukan di situs langsung.

– Pilih Editor Teks
Anda akan membuat pengkodean yang dibutuhkan widget di dalam editor teks. Anda tidak ingin menggunakan Microsoft Word atau Google Doc untuk membuat teks pengkodean untuk widget WordPress, karena paket perangkat lunak pengolah kata ini terkadang menempatkan karakter yang tidak terlihat ke dalam file. Karakter tersembunyi dapat menyebabkan pengkodean tidak berfungsi dengan benar.

Editor teks tidak menyediakan banyak pilihan untuk memformat teks, tetapi karena Anda hanya mencari string teks dasar yang bersih, Anda tidak ingin memformat (yang juga dapat menambahkan karakter tersembunyi). Beberapa editor teks aman Anda dapat menggunakan secara gratis meliputi:
a. Atom
b. Notepad (disertakan dengan Windows)
c. Notepad++
d. TextEdit (disertakan dengan Mac OS)

– Pahami Empat Metode Dasar Pembuatan Widget
Dalam versi terbaru WordPress, perangkat lunak ini mendukung hingga 18 metode yang dapat Anda gunakan untuk membuat widget khusus. Anda akan menambahkan metode individual ke file yang Anda buat di editor teks untuk memberi tahu WordPress cara menerapkan widget. WordPress menggunakan kelas WP_Widget bawaannya untuk menerapkan metode ini. WP_Widget adalah bagian dari WordPress yang menjalankan widget.

Untuk membuat widget kustom paling dasar di WordPress, Anda harus menggunakan setidaknya empat metode. Anda dapat menggunakan empat metode untuk membuat spanduk dasar yang menyambut pengunjung situs, misalnya. Empat metode dasar yang paling umum digunakan adalah:
a. membangun()
b. widget()
c. membentuk()
d. memperbarui()
Untuk diskusi kami tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat widget khusus untuk WordPress, kami akan tetap menggunakan empat metode dasar ini. Namun, jika Anda ingin membuat widget khusus yang menawarkan fungsionalitas lebih kompleks, Anda perlu menggunakan lebih banyak metode.

– Buat Header
Buka editor teks yang akan Anda gunakan. Anda memiliki beberapa opsi untuk membuat pengkodean di dalam editor teks Anda untuk membuat widget WordPress khusus. Kami tidak akan mencoba membuat daftar setiap kemungkinan yang dapat Anda masukkan ke dalam file untuk widget Anda, yang akan menjadi berat. Sebagai gantinya, kami akan mencantumkan teks paling dasar yang akan Anda tambahkan.

– Tambahkan Metode __construct()
Menggunakan metode __construct() di editor teks memungkinkan Anda mengatur parameter untuk widget WordPress kustom Anda. Metode ini menjelaskan ID widget, judul (atau nama), dan deskripsi.

– Tambahkan widget () Metode
Gunakan bagian metode widget() untuk menambahkan dan menentukan output yang akan dihasilkan widget. Metode widget() menampilkan kode HTML di widget di ujung depan situs WordPress Anda.Anda dapat memasukkan pesan yang akan ditampilkan widget di situs Anda melalui bagian ini, misalnya. Anda juga dapat menentukan judul widget di bagian ini, serta menambahkan tautan “pelajari lebih lanjut” di dalam widget.Anda bahkan dapat menambahkan baris kosong untuk widget khusus melalui metode widget(). Menyesuaikan posisi baris kosong akan sangat memengaruhi tampilan widget Anda. Anda dapat menambahkan baris deskripsi dalam bagian ini, jika Anda ingin menambahkan catatan untuk menjelaskan beberapa baris kode.

– Tambahkan formulir () Metode
Selanjutnya, Anda akan menambahkan metode form() ke editor teks Anda. Di bagian ini, Anda akan menyiapkan bidang formulir yang membuat opsi untuk bagian belakang widget. Ini mengontrol bagaimana widget akan terlihat di backend.

– Tambahkan metode pembaruan ()
Metode keempat untuk membuat widget kustom dasar di WordPress melibatkan penambahan metode update(). Metode ini mempermudah penyesuaian widget setelah muncul di situs, misalnya, memungkinkan Anda mengubah pesan banner. Daripada harus kembali dan membuat widget yang sama sekali baru setiap kali Anda ingin mengubah teks di widget, metode update() membuatnya jauh lebih mudah untuk mengubah teks.

Item yang dapat Anda tambahkan melalui metode update() meliputi:
a. Bidang untuk judul widget
b. Area untuk pesan teks
c. Bidang untuk alamat URL yang dapat diklik pengunjung
d. Bidang pilih untuk menentukan apakah mengklik URL akan membuka tab browser baru

– Mendaftarkan Widget Khusus
Sebagai langkah terakhir untuk memasukkan teks ke dalam editor teks untuk kode widget Anda, Anda harus menyertakan fungsi yang mendaftarkan widget Anda ke WordPress dan memberi tahu cara menggunakan widget khusus.

– Menambahkan Kode Anda
Setelah Anda selesai membuat kode di editor teks, Anda akan siap untuk mengujinya. Anda perlu menambahkannya ke file functions.php. Anda harus masuk ke area administrasi WordPress Anda untuk menambahkan kode. File functions.php tersedia dengan mengklik Appearance, Theme Editor, dan Theme Functions. Di dalam file functions.php, tempel teks dari editor teks Anda di bagian bawah file dan klik Perbarui File untuk menyimpan perubahan Anda.

– Menggunakan Widget Khusus
Di dalam jendela WordPress, klik menu Appearance, diikuti oleh Widgets. Anda akan melihat nama widget Anda terdaftar. Klik dan seret nama widget ke bagian Sidebar (tercantum di sebelah kanan halaman) untuk memilih posisi widget di halaman. Klik Simpan. Kemudian buka situs WordPress Anda untuk melihat apakah widget muncul. Jika tampaknya berfungsi, Anda membuat widget dengan benar. Jika tidak berfungsi dengan benar, Anda harus kembali ke editor teks dan mencari kesalahan pengkodean.

Cara Menambahkan Widget Yang Berbentuk Grafik di WordPress
Informasi Widget WordPress

Cara Menambahkan Widget Yang Berbentuk Grafik di WordPress

– Apa yang dimaksud dengan widget?
Cara Menambahkan Widget Yang Berbentuk Grafik di WordPress – Widget merupakan bagian WordPress yang mempunyai satu guna spesial: meningkatkan konten serta bentuk pada sidebar ataupun footer. Ilustrasinya, widget dapat menunjukkan artikel terkini Kamu, penanggalan, kolom pencarian, serta yang lain. Pemakaian widget pula amat gampang, Kamu tidak butuh menulis isyarat HTML buat mengaturnya. Lumayan maanfaatkan fitur drag- and- drop buat menaruh widget ke sesuatu zona di laman web, yang umumnya diucap widget zona. Aturan posisi zona ini berbeda- beda terkait pada tema yang dipakai. Sering- kali, widget cuma dapat diletakkan di sidebar, di footer, ataupun keduanya. Salah satu kelebihan widget merupakan bagian ini membolehkan Kamu meningkatkan bermacam fitur mutahir di laman web. Selaku ilustrasi, Kamu dapat mempertautkan akun sosial alat buat tersambung dengan para pembaca, walaupun wajib menginstal plugin lain dengan cara buku petunjuk buat guna ini. Tetapi janganlah takut, seluruhnya hendak kita bahas dalam postingan ini. Saat ini, kita hendak terlebih dulu mangulas sebagian widget yang diadakan WordPress.

– Cara menambahka widget baru pada wordpress
Wpbars.com – Merasa kalau widget yang diadakan WordPress sedang kurang? Hening, Kamu dapat meningkatkan widget terkini. Kita hendak membagikan ilustrasi metode meningkatkan widget alat sosial yang membolehkan Kamu berbicara dengan para wisatawan serta pembaca loyal. Di bimbingan ini, kita memakai plugin Sederhana Social Icons. Buka menu Plugins di dashboard admin WordPress serta klik Add New. Pada kolom pencarian, ketikkan Sederhana Social Icons, setelah itu instal serta aktifkan plugin itu.

Tambahkan widget Sederhana Social Icons serta masukkan link alat sosial Kamu. Plugin ini dapat mempertautkan web Kamu ke bermacam channel alat sosial terkenal, semacam Facebook, Twitter, YouTube, LinkedIn, serta yang lain. Bentuknya hendak nampak semacam di dasar ini.

Widget Bagan menampilkan atribut kuantitatif dari sumber data sebagai representasi grafis. Ini memungkinkan pengguna akhir untuk memvisualisasikan dan mengamati kemungkinan pola dan tren dari data mentah.

Baca Juga : Inilah Widget WordPress Paling Berguna untuk Situs Anda

Saat ini, Anda dapat memilih dari diagram batang dan kolom. Bagan kolom adalah bagan batang vertikal. Bergantung pada jenis kategori yang Anda pilih saat mengonfigurasi widget, bagan batang atau kolom dapat mewakili nilai statistik bidang untuk grup gabungan atau statistik semua nilai untuk bidang tertentu.

Bagan batang atau kolom bergantung pada serangkaian data untuk menampilkan tampilannya. Seri data adalah kumpulan data yang ditampilkan pada bagan. Anda dapat menganggap rangkaian sebagai larik nilai berdasarkan atribut. Setiap instance dalam array adalah titik data. Saat diplot pada bagan, setiap titik data memiliki bentuk. Satu atau beberapa rangkaian dapat ditampilkan sekaligus dalam bagan batang atau kolom. Misalnya, bagan dapat menunjukkan populasi jenis kelamin yang berbeda di setiap negara bagian AS. Populasi wanita untuk setiap negara bagian adalah deret, dan populasi pria di setiap negara bagian adalah deret lainnya. Setiap populasi negara bagian adalah titik data dalam seri itu.

Contoh
Gunakan widget ini untuk mendukung persyaratan desain aplikasi seperti berikut:

Anda ingin menampilkan grafik statistik untuk lapisan fitur.
Anda ingin menganalisis dan memvisualisasikan pola data.
Anda ingin membandingkan atribut fitur secara grafis.
Catatan penggunaan
Widget memerlukan sumber data. Anda dapat menggunakan widget bagan pada halaman dengan atau tanpa peta yang ditampilkan. Setelah memilih sumber data, Anda memilih templat bagan untuk memulai dengan tipe bagan tertentu.

Sumber data untuk bagan dapat berupa salah satu dari berikut ini:

Lapisan operasional, termasuk lapisan fitur atau lapisan pemandangan di peta yang ada atau ditambahkan dari layanan
Tabel dari peta, termasuk tabel terkait
Sumber data keluaran dari widget lain, seperti hasil kueri dari widget Kueri
Pengaturan

Widget Bagan mencakup pengaturan berikut:

Sumber data—Pilih data sumber dengan atribut untuk dianalisis di widget Bagan. Dalam pengaturan tampilan data, Anda dapat memfilter data untuk membatasi apa yang muncul di widget, mengurutkan data untuk menampilkan fitur dalam urutan tertentu, atau membatasi jumlah fitur.
Jenis bagan—Pilih jenis bagan menggunakan template untuk memulai yang cocok dengan cara Anda ingin menyajikan analisis data.
Data—Menentukan cara membuat seri data untuk bagan dengan memilih jenis kategori dan mengonfigurasi atribut data mana yang akan divisualisasikan dan bagaimana menyajikannya.
Jenis kategori—Opsi bervariasi berdasarkan kategori.
Menurut grup—Menampilkan nilai menurut kategori, yang menggambarkan nilai statistik dari satu atau beberapa bidang untuk setiap kategori.
Bidang kategori—Menentukan bidang atribut dari mana kategori bagan dihasilkan.
Statistik—Menghitung nilai statistik untuk bidang angka yang ditentukan. Metode meliputi count, sum, average, minimum, dan maximum.
Bidang Angka—Pilih satu atau beberapa bidang untuk dianalisis.
Menurut bidang—Menampilkan nilai atribut sebagai bagan, yang menggambarkan nilai statistik dari semua fitur atau catatan untuk bidang atau bidang tertentu.
Statistik—Menghitung nilai statistik untuk bidang angka yang ditentukan. Metode termasuk jumlah, rata-rata, minimum, dan maksimum.
Bidang Angka—Pilih satu atau beberapa bidang yang akan dihitung statistiknya.
Urutkan menurut—Mengurutkan batang atau kolom menurut nilai atau nama kategorinya, dalam urutan menaik atau menurun.
Kategori maksimum—Menentukan kategori maksimum yang akan ditampilkan dalam bagan.
Seri—Mengubah jenis, simbol, dan label susun dari seri data.
Penumpukan—Rangkaian kelompok dengan jenis yang sama berdampingan, ditumpuk, atau 100 persen ditumpuk.
Label nilai—Menampilkan label nilai pada setiap simbol rangkaian.
Untuk setiap rangkaian, Anda dapat mengedit gaya simbol dan label rangkaiannya (label rangkaian membedakan setiap rangkaian saat legenda diaktifkan).
Sumbu—Menyesuaikan properti sumbu kategori dan sumbu nilai.
Sumbu kategori
Judul sumbu—Berikan judul untuk sumbu kategori.
Label sumbu
Batas karakter—Menentukan berapa banyak karakter yang akan ditampilkan untuk setiap label kategori.
Alignment—Menentukan cara memposisikan dan menyelaraskan label kategori menurut skala sumbu.
Kisi sumbu—Menampilkan kisi vertikal.

Inilah Widget WordPress Paling Berguna untuk Situs Anda
Informasi Widget WordPress

Inilah Widget WordPress Paling Berguna untuk Situs Anda

wpbars – Apakah Kamu mencari widget WordPress yang berperan untuk situs website Kamu? Widget memungkinkan Anda buat menambahkan fitur, konten, serta elemen lain ke bilah sisi WordPress dan area siap widget lainnya. WordPress hadir dengan beberapa widget bawaan yang dapat Anda gunakan segera . Plugin dan tema WordPress pula bisa meningkatkan widget WordPress mereka sendiri. Pada artikel ini yang kami akan memberikan beberapa widget WordPress yang paling berguna untuk situs Anda.Widget ini hendak membantu Kamu memakai real estat digital situs website Kamu dengan cara efisien buat tingkatkan pengalaman konsumen serta meningkatkan bidang usaha Kamu.

Inilah Widget WordPress Paling Berguna untuk Situs Anda

Inilah Widget WordPress Paling Berguna untuk Situs Anda

– WP Call Button

Inilah Widget WordPress Paling Berguna untuk Situs Anda – Bersamaan perkembangan kemudian rute internet seluler, beberapa besar konsumen merasa aman buat menelepon bidang usaha buat data lebih lanjut. Tombol Panggilan WP membolehkan Kamu buat dengan gampang meningkatkan tombol klik buat menelepon saat ini ke web WordPress Kamu. Kamu bisa memakainya buat meningkatkan tombol lengket yang digulirkan dengan konsumen ataupun memakai widget buat menunjukkan tombol panggil di bilah bagian. Ini berperan dengan seluruh telepon rumah ataupun no handphone, namun kita menganjurkan buat memakai layanan telepon bidang usaha handal buat membenarkan kalau Kamu tidak sempat melupakan panggilan. Buat petunjuk tahap untuk tahap, amati postingan kita mengenai metode gampang meningkatkan tombol klik buat menelepon di WordPress.

– WPForms
WPForms merupakan plugin formulir kontak WordPress terbaik di pasar. Ini membolehkan Kamu buat dengan cepat membuat formulir kontak serta meningkatkannya di mana saja di web website Kamu. Muncul dengan pembuat formulir seret serta lepas, templat formulir yang sedia dipakai, blok Gutenberg, serta widget bilah bagian. Ini merupakan plugin bermutu dengan tipe gratis yang ada sebagai WPForms Lite. Buat detailnya, amati bimbingan kita mengenai metode membuat formulir kontak di WordPress dengan petunjuk tahap untuk tahap.

– RafflePress
RafflePress adalah plugin giveaway / kontes WordPress terbaik. Ini memungkinkan Anda membuat hadiah dan kontes viral untuk langsung mendapatkan banyak lalu lintas, pelanggan baru, dan pelanggan. Ini memungkinkan Anda menjalankan hadiah dan menambahkannya ke widget posting, halaman, atau bilah sisi. Anda juga dapat membuat halaman arahan mandiri untuk giveaway Anda dan mempromosikannya di seluruh profil sosial Anda. RafflePress adalah plugin berbayar dengan versi gratis yang disebut RafflePress Lite. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat panduan kami tentang cara menjalankan giveaway di WordPress dengan instruksi terperinci .

– Recent Posts Widget with Thumbnails
Secara default, WordPress hadir dengan widget posting terbaru, yang menampilkan daftar posting terbaru Anda. Widget Recent Posts With Thumbnail memungkinkan Anda untuk menampilkan postingan terbaru dengan thumbnail. Widget ini menggunakan gambar unggulan ataupun gambar pertama dalam sebuah postingan sebagai thumbnail. Anda juga dapat menyesuaikan tinggi dan lebar gambar dari layar pengaturan widget.

– Astra Widgets
Astra Widgets merupakan paket widget yang terbuat oleh banyak orang di balik Tema Astra yang terkenal. Ini membolehkan Kamu buat dengan gampang meningkatkan posisi bidang usaha Kamu, tautan profil sosial, serta catatan simbol ke bilah bagian WordPress Kamu. Ini berperan dengan tema WordPress apa juga serta kompatibel dengan seluruh plugin kreator laman terkenal pula.

– Simple Social Icons
Ini adalah widget yang sangat sederhana buat menambahkan ikon sosial ke bilah sisi Anda. Semua opsi konfigurasi ada di pengaturan widget. Anda dapat memilih jejaring sosial mana yang akan ditautkan dan menambahkan URL profil Anda. Anda juga dapat memodifikasi ikon dengan memilih latar belakang dan warna font ikon. Untuk detailnya, lihat tutorial kami tentang cara menambahkan ikon media sosial di sidebar WordPress Anda. Plugin ini dibuat oleh StudioPress, perusahaan populer di balik Genesis Theme Framework (sekarang merupakan anak perusahaan dari WP Engine).

– Google Maps Widget
Metode yang lebih gampang buat meningkatkan denah ke sidebar web Kamu merupakan dengan memakai Widget Google Maps. Widget simpel ini membolehkan Kamu buat menunjukkan peta Google di widget. Dikala konsumen mengklik denah, denah yang lebih besar terbuka di popup lightbox. Ini merupakan salah satu widget WordPress terbaik buat bidang usaha yang mau menunjukkan tujuan serta posisi mereka di web mereka. Amati bimbingan kita mengenai metode meningkatkan Google Maps di WordPress buat informasi lebih lanjut.

– Social Count Plus
Kamu bisa jadi sudah memandang kalau sebagian situs website terkenal membuktikan jumlah pengikut sosial mereka di bilah bagian. Ini menaikkan integritas web website Kamu dengan meningkatkan fakta sosial. Widget Social Count Plus membolehkan Kamu buat dengan gampang menunjukkan jumlah pengikut alat sosial Kamu di sidebar. Amati bimbingan kita mengenai metode menunjukkan jumlah pengikut alat sosial di WordPress. Widget ini cuma menunjukkan jumlah pengikut Kamu serta bukan berapa kali postingan dibagikan di situs website Kamu. Bila Kamu mau menunjukkan jumlah memberi buat tiap posting, kita sarankan memakai Shared Counts, yang ialah salah satu plugin media sosial terbaik buat WordPress. Ini hendak membolehkan Kamu buat dengan gampang meningkatkan tombol memberi sosial ke posting serta laman Kamu dengan jumlah memberi buat tiap web website alat sosial.

– Compact Archives
Widget arsip bulanan default menunjukkan arsip web Kamu dalam daftar panjang bulan. Ini dapat memakan banyak ruang. Arsip Singkat memecahkan permasalahan ini dengan membagi arsip bulanan Kamu ke dalam sebagian tahun serta menampilkannya dalam wujud yang singkat. Ini pula dilengkapi dengan blok Gutenberg yang bisa Kamu tambahkan ke dalam posting serta laman Kamu. Ini pula tercantum widget yang bisa Kamu maanfaatkan di sidebar web Kamu. Buat data lebih lanjut, amati bimbingan kita mengenai metode membuat arsip singkat di WordPress.

Baca Juga : Ikhtisar Widget Yang Ada Pada Aplikasi

– OptinMonster
OptinMonster merupakan perangkat lunak penghasil peluang WordPress terbaik di pasaran. Ini membolehkan Kamu buat dengan gampang mengganti wisatawan situs website jadi pelanggan serta klien. Ini menolong Kamu meningkatkan catatan email Kamu dengan meningkatkan formulir pendaftaran di widget bilah bagian, popup lightbox, bilah mengambang, serta banyak lagi. OptinMonster merupakan widget WordPress terbaik buat web eCommerce serta bidang usaha yang mau tingkatkan konversi mereka.

– AdSanity
AdSanity merupakan plugin manajemen promosi terbaik buat WordPress. Ini membolehkan Kamu buat dengan gampang menunjukkan promosi di mana saja di situs website Kamu serta dilengkapi dengan widget buat dengan cara otomatis menunjukkan promosi di bilah bagian blog Kamu. Bila Kamu berencana buat mendukung situs website Kamu dengan Google AdSense, promosi slogan, ataupun penjualan aliansi, hingga AdSanity membantu Kamu memaksimalkan ruang promosi serta menciptakan lebih banyak pendapatan.

Testimonials Rotator
Metode gampang buat meningkatkan fakta sosial ke web website Kamu merupakan dengan meningkatkan testimonial klien ke situs website Kamu. Testimonial Rotator membolehkan Kamu buat dengan gampang meningkatkan testimonial klien ke situs website Kamu. Ini merupakan salah satu plugin testimonial terbaik buat WordPress serta dilengkapi dengan widget baik yang memungkinkan Kamu buat menunjukkan testimonial berkeliling di sidebar. Ini menginginkan lebih sedikit ruang serta membolehkan Kamu buat dengan cara cerdik memakai bilah bagian buat tingkatkan keyakinan sosial. Buat instruksi terperinci, amati postingan kita mengenai metode meningkatkan testimonial berkeliling di WordPress.

Ikhtisar Widget Yang Ada Pada Aplikasi
Informasi

Ikhtisar Widget Yang Ada Pada Aplikasi

wpbars – Widget adalah aspek penting dari penyesuaian layar beranda. Anda dapat membayangkannya sebagai tampilan “sekilas” dari data dan fungsi terpenting aplikasi yang dapat diakses langsung dari layar beranda pengguna. Konsumen bisa memindahkan widget di semua panel layar halaman, serta, bila dibantu, mengganti ukurannya buat membiasakan jumlah data dalam widget cocok kemauan mereka.

Ikhtisar Widget Yang Ada Pada Aplikasi – Halaman ini memberikan pengantar untuk berbagai jenis widget yang mungkin ingin Anda buat dan beberapa prinsip desain yang harus diikuti. Untuk mulai membuat widget aplikasi, baca Membuat Widget Aplikasi.

Ikhtisar Widget Yang Ada Pada Aplikasi

Ikhtisar Widget Yang Ada Pada Aplikasi

– Jenis jenis yang ada pada widget
Saat Anda mulai merencanakan widget, pikirkan jenis widget yang ingin Anda buat. Widget biasanya termasuk dalam salah satu kategori berikut:

– Widget informasi
Widget informasi biasanya menampilkan beberapa elemen informasi penting yang penting bagi pengguna dan melacak bagaimana informasi itu berubah dari waktu ke waktu. Contoh yang baik untuk widget informasi adalah widget cuaca, widget jam, atau pelacak skor olahraga. Menyentuh widget informasi biasanya meluncurkan aplikasi terkait dan membuka tampilan detail informasi widget.

– Koleksi widget
Sesuai dengan namanya, widget koleksi berspesialisasi dalam menampilkan banyak elemen dengan jenis yang sama, seperti kumpulan gambar dari aplikasi galeri, kumpulan artikel dari aplikasi berita, atau kumpulan email/pesan dari aplikasi komunikasi. Widget koleksi umumnya berpusat pada 2 permasalahan pemakaian: menjelajahi koleksi, serta membuka bagian koleksi ke bentuk detailnya buat disantap. Widget koleksi bisa digulir dengan cara lurus.

– Kontrol widget
Tujuan penting widget pengawasan merupakan buat menunjukkan guna yang kerap dipakai yang bisa dipicu oleh konsumen langsung dari layar halaman tanpa wajib membuka aplikasi terlebih dulu. Kira saja selaku remote control buat suatu aplikasi. Ilustrasi biasa dari widget pengawasan merupakan widget aplikasi nada yang membolehkan konsumen buat memutar, menjeda, ataupun melampaui jalan nada dari luar aplikasi nada yang sesungguhnya.

Berinteraksi dengan widget kontrol mungkin atau mungkin tidak berkembang ke tampilan detail terkait tergantung pada apakah fungsi widget kontrol menghasilkan kumpulan data, seperti dalam kasus widget pencarian.

– Widget hibrid
Sementara semua widget cenderung condong ke salah satu dari tiga jenis yang dijelaskan di atas, banyak widget pada kenyataannya adalah hibrida yang menggabungkan elemen dari berbagai jenis. Untuk tujuan perencanaan widget Anda, pusatkan widget Anda di sekitar salah satu tipe dasar dan tambahkan elemen tipe lain jika diperlukan.

Widget pemutar musik pada dasarnya adalah widget kontrol, tetapi juga memberi informasi kepada pengguna tentang trek yang sedang diputar. Ini pada dasarnya menggabungkan widget kontrol dengan elemen jenis widget informasi.

Baca Juga : Pengenalan Dasar Tentang Apa Itu Yang Dimaksud Dengan WordPress Themes?

– Batasan widget
Meskipun widget dapat dipahami sebagai “aplikasi mini”, ada batasan tertentu yang penting untuk dipahami sebelum Anda mulai mendesain widget:

– Gestur
Karena widget hidup di layar beranda, widget harus berdampingan dengan navigasi yang dibuat di sana. Ini menghalangi sokongan aksi yang ada di widget dibanding dengan aplikasi layar penuh. Meskipun aplikasi misalnya dapat mendukung pager tampilan yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi antar layar secara lateral, gerakan itu sudah diambil di layar beranda untuk tujuan menavigasi di antara panel beranda.

Satu-satunya gerakan yang tersedia untuk widget adalah:

Menyentuh
Gesek vertikal

– Elemen
Mengingat batasan interaksi di atas, beberapa blok penyusun UI yang mengandalkan gestur terbatas tidak tersedia untuk widget. Buat catatan komplit gulungan pembuat yang dibantu serta data sepenuhnya mengenai batas aturan posisi, amati bagian” Membuat Aturan Posisi Widget Aplikasi” di Bimbingan API Widget Aplikasi.

Pedoman desain
– Konten widget
Widget adalah mekanisme yang bagus untuk menarik pengguna ke aplikasi Anda dengan “mengiklankan” konten baru dan menarik yang tersedia untuk dikonsumsi di aplikasi Anda.

Sama seperti penggoda di halaman depan surat kabar, widget harus mengkonsolidasikan dan memusatkan informasi aplikasi dan kemudian menyediakan koneksi ke detail yang lebih kaya dalam aplikasi; atau dengan kata lain: widget adalah informasi “snack” sedangkan app adalah “makan”. Intinya, selalu pastikan bahwa aplikasi Anda menampilkan lebih banyak detail tentang item informasi daripada yang sudah ditampilkan widget.

– Navigasi widget
Tidak hanya konten data asli, Kamu pula wajib memikirkan buat memenuhi ijab widget Kamu dengan sediakan tautan pelayaran ke zona aplikasi yang kerap dipakai. Ini membolehkan konsumen menuntaskan kewajiban lebih kilat serta meluaskan capaian fungsional aplikasi ke layar halaman.

Kandidat yang baik untuk tautan navigasi yang muncul di widget adalah:

Fungsi generatif: Ini adalah fungsi yang memungkinkan pengguna membuat konten baru untuk aplikasi, seperti membuat dokumen baru atau pesan baru.
Buka aplikasi di tingkat atas: Mengetuk elemen informasi biasanya akan mengarahkan pengguna ke layar detail tingkat yang lebih rendah. Menyediakan akses ke tingkat atas aplikasi Anda memberikan lebih banyak fleksibilitas navigasi dan dapat menggantikan pintasan aplikasi khusus yang biasanya digunakan pengguna untuk menavigasi ke aplikasi dari layar beranda. Menggunakan ikon aplikasi Anda sebagai keterjangkauan juga dapat memberi widget Anda identitas yang jelas jika data yang Anda tampilkan tidak jelas.

– Pengubahan ukuran widget

Tekan lama dan rilis berikutnya mengatur widget yang dapat diubah ukurannya ke mode pengubahan ukuran. Pengguna dapat menggunakan pegangan seret atau sudut widget untuk mengatur ukuran yang diinginkan.

Mengubah ukuran memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tinggi dan/atau lebar widget dalam batasan kisi penempatan panel beranda. Anda dapat memutuskan apakah widget Anda dapat diubah ukurannya secara bebas atau dibatasi oleh perubahan ukuran horizontal atau vertikal. Anda tidak harus mendukung pengubahan ukuran jika widget khusus Anda secara inheren berukuran tetap.

Mengizinkan pengguna mengubah ukuran widget memiliki manfaat penting:

Mereka dapat menyempurnakan seberapa banyak informasi yang ingin mereka lihat di setiap widget. Mereka dapat memengaruhi tata letak widget dan pintasan dengan lebih baik di panel beranda mereka. Merencanakan strategi pengubahan ukuran untuk widget Anda bergantung pada jenis widget yang Anda buat. Widget kumpulan berbasis daftar atau kisi biasanya mudah karena mengubah ukuran widget hanya akan memperluas atau mengecilkan area pengguliran vertikal. Terlepas dari ukuran widget, pengguna masih dapat menggulir semua elemen informasi ke tampilan. Widget informasi di sisi lain memerlukan sedikit lebih banyak perencanaan langsung, karena tidak dapat digulir dan semua konten harus sesuai dengan ukuran tertentu. Anda harus menyesuaikan konten dan tata letak widget secara dinamis dengan ukuran yang ditentukan pengguna melalui operasi pengubahan ukuran.

Dalam contoh sederhana ini, pengguna dapat mengubah ukuran widget cuaca secara horizontal dalam 4 langkah dan memaparkan informasi yang lebih kaya tentang cuaca di lokasi saat ini seiring dengan bertambahnya widget. Untuk setiap ukuran widget, tentukan seberapa banyak informasi aplikasi Anda akan muncul. Untuk ukuran yang lebih kecil, berkonsentrasilah pada yang penting dan kemudian tambahkan lebih banyak informasi kontekstual saat widget tumbuh secara horizontal dan vertikal.

– Pertimbangan tata letak
Anda akan tergoda untuk mengatur tata letak widget Anda sesuai dengan dimensi kisi penempatan perangkat tertentu yang Anda miliki dan kembangkan. Ini bisa menjadi perkiraan awal yang berguna saat Anda mengatur tata letak widget, tetapi ingatlah hal berikut:

Jumlah, ukuran, dan jarak sel dapat sangat bervariasi dari perangkat ke perangkat, dan karenanya sangat penting bahwa widget Anda fleksibel dan dapat menampung lebih banyak atau lebih sedikit ruang daripada yang diantisipasi.
Faktanya, saat pengguna mengubah ukuran widget, sistem akan merespons dengan rentang ukuran dp di mana widget Anda dapat menggambar ulang sendiri. Merencanakan strategi pengubahan ukuran widget di seluruh “keranjang ukuran” daripada dimensi kisi variabel akan memberi Anda hasil yang paling andal.

– Konfigurasi widget
Terkadang widget perlu diatur sebelum bisa berguna. Pikirkan widget email misalnya, di mana Anda harus menyediakan akun sebelum kotak masuk dapat ditampilkan. Atau widget foto statis di mana pengguna harus menetapkan gambar yang akan ditampilkan dari galeri.

Widget Android menampilkan pilihan konfigurasinya tepat setelah widget dijatuhkan ke panel beranda. Jaga agar konfigurasi widget tetap ringan dan jangan menampilkan lebih dari 2-3 elemen konfigurasi. Gunakan gaya dialog alih-alih aktivitas layar penuh untuk menyajikan pilihan konfigurasi dan mempertahankan konteks tempat pengguna, meskipun melakukannya memerlukan penggunaan beberapa dialog.

Setelah pengaturan, biasanya tidak ada banyak alasan untuk mengunjungi kembali pengaturan. Oleh karena itu widget Android tidak menampilkan tombol “Pengaturan” atau “Konfigurasi”.

Pengenalan Dasar Tentang Apa Itu Yang Dimaksud Dengan WordPress Themes?
Wordpress Themes

Pengenalan Dasar Tentang Apa Itu Yang Dimaksud Dengan WordPress Themes?

wpbars – WordPress Themes merupakan bagian dari WordPress yang tidak takluk berarti dari WordPress Plugins. Yakinkan Kamu memilah WordPress Themes yang pas buat Web Anda

Pengenalan Dasar Tentang Apa Itu Yang Dimaksud Dengan WordPress Themes?

Pengenalan Dasar Tentang Apa Itu Yang Dimaksud Dengan WordPress Themes?

– Apa fungsi dari WordPress Themes
Dari namanya saja, aku percaya Kamu tentu bisa menduga apa khasiat dari WordPress Themes. Yes, Kamu betul, WordPress Themes ini dipakai buat menaikkan fungsional dari bidang bentuk ataupun layout WordPress Kamu, alhasil bentuk lebih menarik lagi. Ibaratnya semacam kostum pakaian, Kamu bisa mengubahnya supaya Kamu tampak dengan nampak yang berlainan, perihal ini legal pula pada WordPress Themes, Kamu bisa mengubahnya cocok keinginan Kamu.

Pengenalan Dasar Tentang Apa Itu Yang Dimaksud Dengan WordPress Themes? – Buat mengakses WordPress Themes, silakan masuk ke Dashboard WP Admin, kemudian seleksi menu Appearance– Themes. Dikala Kamu masuk ke bagian Themes ini, Kamu hendak menciptakan terdapat sebagian themes yang sudah terinstall tadinya. Inilah themes bawaan( default) dari WordPress

– Hal hal yang perlu anda ketahui tentang WordPress Themes
Terdapat 4 perihal yang butuh Kamu tahu mengenai WordPress Themes

1. Bagaimana cara untukmenginstal WordPress Themes
Tahap awal, Kamu butuh mencari Theme terlebih dulu di Repository WordPress ataupun Google, Theme semacam apa yang Kamu mau. Sehabis Kamu menciptakan Theme yang sesuai, Kamu butuh meng- install theme itu. Terdapat 2 metode buat install WordPress Theme: Search dari Repository WordPress ataupun Upload file WordPress Themes dalam wujud zip.
# Search dari Repository WordPress
# Masuk ke Dashboard WP Admin
# Pilih menu Appearance – Themes
# Klik tombol Add New
# Kemudian seleksi Theme yang Kamu mau. Kamu bisa memandang lukisan di dasar ini, klik Latest( theme terkini di WordPress) atau Terkenal( theme yang terkenal di WordPress). Kamu dapat ubah Theme semau Kamu cocok keinginan Kamu.
# Bila Kamu telah ketahui niche apa yang Kamu untuk di Web Kamu, silakan masukkan keyword yang Kamu mau cari di kotak pencarian. Misalnya Kamu mau mencari: Wedding. Hingga hendak timbul seluruh theme yang berkaitan dengan Wedding. Sehabis itu klik tombol Install.

Cara upload file yang ada di WordPress
# Masuk ke Dashboard WP Admin
# Pilih menu Appearance– Themes
# Klik tombol Add New
# Klik tombol Upload Theme
# Klik tombol Choose File& dilanjutkan klik tombol Install. Buat memperoleh file theme yang Kamu upload, Kamu bisa mencari di google, dengan keyword: Wedding WordPress Theme, Best WordPress Theme serta berikutnya.

Baca Juga : Hal-Hal Keren yang Dapat Anda Lakukan Dengan WordPress

2. Cara pengaktifan pada WordPress Themes
Sehabis Kamu install Theme yang Kamu mau, Kamu butuh mengaktifkan Theme itu. Saat sebelum Kamu aktifkan, Kamu bisa melaksanakan Live Preview dari bentuk Theme itu. Bila Kamu telah percaya dengan Theme itu, Kamu bisa mengaktifkannya, dengan klik tombol Activate.

3. Cara untuk menghapus WordPress Themes
Bila Kamu telah tidak mengenakan WordPress Theme khusus, Kamu bisa menghilangkan Theme itu. Yang butuh Kamu tahu merupakan Kamu tidak bisa menghilangkan Theme dikala Theme lagi aktif. Kamu butuh menon- aktifkan( deactive) dulu Theme yang hendak dihapus dengan metode:

# Masuk ke Menu Appearance– Themes
# Untuk menonaktifkan Theme, Kamu lumayan aktifkan Theme yang lain saja, dengan sedemikian itu, dengan cara otomatis Theme hendak jadi non aktif( deactive)
# Klik Theme Details
# Klik tombol Delete buat menghilangkan Theme

4. Metode buat Melaksanakan Setting( Pengaturan) WordPress Themes
Tiap WordPress Theme bisa diatur( pengaturan) cocok yang Kamu mau. Umumnya sehabis Kamu sukses install serta activate WordPress Theme, hingga hendak timbul menu terkini di WordPress Menu Kamu.

Selaku ilustrasi, sehabis aku install theme, Wedding Gaya. Muncullah menu Wedding Gaya Options. Tiap Theme mempunyai bentuk, guna, aturan posisi serta pengaturan yang berbeda- beda. Aku tidak bisa menjabarkan dengan perinci di mari. Di postingan lain, hendak diulas lebih perinci lagi mengenai pengaturan WordPress Theme.

Tetapi, pada prinsipnya, apa saja yang butuh diatur di WordPress Theme kurang lebih serupa antara lain Background Color, Header, Sidebar, Footer.

– Contoh untuk WordPress Themes
Terdapat sedemikian itu banyak WordPress Theme yang terdapat, kemudian seleksi mana yang sangat pas buat Web Kamu? Tanggapannya merupakan terkait.
Terkait Tipe Web yang mau Kamu untuk. Aku kategorikan jadi 3 tipe Web:
1. Company/ Perorangan Profile. Web ini bermaksud buat memberitahukan Profil dari Industri ataupun Branding Perorangan. Bila Kamu cermati, dikala ini, industri pada umumnya mempunyai Web Profil ini.
2. Web. Web yang bermaksud buat membagikan Pembaharuan Postingan yang berguna dengan cara teratur dari durasi ke durasi. Postingan bisa berbentuk informasi terbaru, bimbingan panduan, dan antrean narasi yang bisa berikan khasiat pada para wisatawan Web.
3. Gerai Online. Web yang bermaksud buat berdagang. Web berbentuk semacam etalase produk yang ingin dijual dan berintegrasi supaya Para Wisatawan bisa membeli dengan cara online lewat Web ini.
Tiap tipe di atas, mempunyai bentuk Theme yang berlainan, selaku ilustrasi, bila Kamu ingin untuk web gerai online, hingga betapa lebih bagus Kamu seleksi Theme yang difokuskan buat gerai online saja. Lain perihalnya, bila Kamu seleksi Web, hingga memilih theme yang dikhususkan buat Web.

– Apakah perbedaan antara WordPress Themes gratis dengan premium
WordPress Themes mempunyai 2 tipe ialah Gratis( Free) serta Bermutu( Berbayar) WordPress Themes.

1. Gratis WordPress Theme. Theme ini, Kamu bisa unduh dengan cara free, terdapat sedemikian itu banyak ribuan Gratis Theme yang bisa Kamu coba. Sering- kali, Kamu menginginkan guna Theme yang tidak dipunyai oleh Gratis Theme, alhasil Kamu butuh tipe WordPress Theme yang kedua ialah Bermutu WordPress Theme

2. Bermutu( Berbayar) WordPress Theme. Berlainan dengan Gratis Theme, di mana Kamu tidak butuh membayarnya. Bila Kamu ingin memakai Bermutu WordPress Theme, hingga Kamu wajib membayarnya. Kemudian bila terdapat yang Gratis WordPress Theme, kenapa wajib berbayar?

Hal-Hal Keren yang Dapat Anda Lakukan Dengan WordPress
Informasi

Hal-Hal Keren yang Dapat Anda Lakukan Dengan WordPress

wpbars – Selama dekade terakhir, WordPress telah membuktikan dirinya sebagai platform blogging dan sistem pengelolaan konten yang kuat. Faktanya, itulah mengapa NFL, CNN, TechCrunch, dan TED menerbitkan konten di WordPress. Ini adalah alat yang andal dan tepercaya yang sarat dengan plugin, tema, dan fitur untuk menjadikan pengalaman lebih baik.

Hal-Hal Keren yang Dapat Anda Lakukan Dengan WordPress –  Meskipun WordPress adalah alat yang luar biasa untuk menjalankan blog atau situs web, WordPress juga dapat melakukan lebih dari sekadar menerbitkan posting blog.

Hal-Hal Keren yang Dapat Anda Lakukan Dengan WordPress

Hal-Hal Keren yang Dapat Anda Lakukan Dengan WordPress

Misalnya, berikut adalah 11 hal keren yang dapat Anda tambahkan ke situs WordPress Anda, tetapi mungkin tidak Anda lakukan:

1. WordPress Multisitus
Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 dan dapat mengubah situs web Anda menjadi jaringan situs web. Ini berarti situs web Anda dapat dipecah menjadi beberapa bagian seperti forum atau toko online. Setiap bagian bahkan dapat memiliki gaya yang berbeda sehingga Anda dapat membedakan antara setiap halaman. Keuntungan lain adalah diizinkan untuk menjadikan seorang karyawan sebagai “administrator super” sehingga dia dapat memiliki kendali penuh atas setiap halaman di jaringan.Dari sana, ikuti instruksi codex sehingga Anda tidak akan mengalami masalah dalam menjalankan dan menjalankan fitur ini.Perlu diingat bahwa fitur ini bukan pilihan terbaik untuk blog pribadi, situs web portofolio, atau untuk mengelola beberapa situs web. Sebaliknya, ini adalah sumber yang bagus jika situs Anda mirip dengan WordPress.com atau The University of Maine.

2. Jejaring Sosial
Mengerti kah Kamu kalau Kamu bisa mengganti WordPress jadi jejaring sosial? Ini dapat jadi alat yang hebat bila Kamu mau menjangkau audiens khusus Kamu, semacam tim ataupun perusahaan berolahraga. Kamu bisa melaksanakan ini lewat BuddyPress. BuddyPress membolehkan wisatawan Kamu buat mendaftar, membuat profil, serta mengirim catatan. Dari situ, Kamu bisa memakai BuddyPress buat berbicara serta berhubungan dengan audiens Kamu.

Dan ada lebih dari 330 plugin BuddyPress sehingga Anda dapat menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Unduhan gratis ini juga tersedia dalam bahasa berikut: Inggris (Australia), Espaol, Français, Português do Brasil, .Plugin populer lainnya yang dapat mengubah Anda Situs WordPress yang menjadi jejaring sosial adalah WP Symposium.

3. Forum
Menampilkan forum sangat ideal ketika Anda ingin membangun komunitas. Itu sebabnya WordPress datang dengan bbPress untuk membantu Anda mengelola dan mengembangkan komunitas Anda semua dalam situs WordPress. Penyiapannya mudah dengan pemasangan sekali klik yang menampilkan formulir multi-situs.

Baca Juga : 6 Tema dan Widget Paling Keren Untuk WordPress

Selain bbPress, plugin dan tema forum lain yang layak adalah:
a. CM Answers: Ada versi gratis dan pro dari papan diskusi tanya jawab ini. Beberapa fitur luar biasa meliputi: login sosial, kemampuan untuk mengunggah lampiran, kode pendek, dan integrasi dengan komentar BuddyPress dan WordPress.
b. AnsPress: Mirip dengan CM Answers, papan diskusi tanya jawab ini memberi Anda kemampuan untuk memilih pertanyaan dan jawaban serta mengedit atau menandai komentar. Fitur yang lebih baru adalah halaman kategori yang ditambahkan, halaman tag yang ditambahkan, halaman kategori yang ditambahkan, sistem poin dan penggantian tema.
c. Mesin Forum: Desain modern, sederhana, dan responsif adalah yang terbaik untuk tema ini, yang dapat digunakan sebagai forum atau sub-domain yang berdiri sendiri. Selain tampak hebat, Anda dapat mengikuti posting atau topik, masuk dengan akun sosial dan pembaruan mingguan.

4. Keamanan
Jika Anda menjalankan situs web baru, keamanan menjadi perhatian serius. Terlepas dari kenyataan bahwa kebanyakan orang tahu bahwa mereka harus fokus pada keamanan, banyak situs masih diretas setiap hari. Dan yang kami maksud adalah sekitar 30.000 situs baru setiap hari. Ini juga bukan situs yang teduh. Ini adalah situs dari bisnis yang sah.

Bagaimana Anda bisa memastikan bahwa situs Anda tidak bergabung dengan daftar itu?
Salah satu yang terpenting untuk memastikan bahwa situs Anda dikodekan dengan benar dan memindai secara teratur, Anda juga harus mengunduh plugin keamanan seperti iThemes Security, sebelumnya dikenal sebagai Better WP Security.

Beberapa fitur proteksi antara lain:
a. Login tindakan pengguna
b. Otentikasi 2 faktor
c. Pengaturan impor/ekspor
d. Kemampuan untuk melindungi banyak situs
e. Menyembunyikan kerentanan keamanan WordPress apa pun
f. Melarang pengguna dan bot yang merepotkan
g. Memantau situs Anda
h. Cadangan basis data

Pilihan lainnya adalah plugin WordPress All in One Security & Firewall. Plugin gratis ini memiliki fitur keamanan yang melindungi akun pengguna, login pengguna, registrasi, database, dan database file. Ini juga memiliki Fungsionalitas Daftar Hitam dan Fungsionalitas Firewall.

5. Kode pendek
Anda mungkin pernah berbicara tentang kode pendek sebelumnya. Tapi, apa sebenarnya mereka dan apa yang mereka lakukan?Kode pendek hanyalah potongan kode yang pendek. Mereka digunakan untuk menggantikan kode HTML yang panjang dan berulang dan dapat disisipkan di mana saja di situs Anda. Mereka berguna ketika Anda ingin menambahkan tombol media sosial atau iklan Google AdSense. Bagian terbaik tentang menggunakan kode pendek adalah mereka menambahkan fungsionalitas ke halaman tertentu di situs Anda tanpa khawatir membuat kesalahan karena Anda tidak menggunakan terlalu banyak kode html atau CSS.

Salah satu cara untuk menangani shortcode adalah melalui penggunaan plugin. Misalnya, WPExplorer menawarkan plugin Symple Shortcodes yang berisi shortcode untuk ikon sosial, testimonial, matikan, tabel harga dan kolom hanya untuk beberapa nama.Plugin lain adalah Shortcode WordPress. Ini juga gratis dan dikemas dengan fitur yang mencakup lebih dari 26 kode pendek, tab ramah SEO, editor kode pendek, dan templat khusus.

6. Situs E-Commerce
Tahukah Anda bahwa Anda dapat mengubah situs WordPress Anda menjadi situs e-commerce yang sebenarnya?Salah satu cara paling populer untuk memonetisasi situs Anda adalah melalui WooCommerce. Plugin yang dapat disesuaikan ini memberi Anda kemampuan untuk melacak penjualan yang masuk, tingkat stok, dan ulasan. WooCommerce juga dilengkapi dengan gateway pembayaran seperti PayPal Standard (menerima pembayaran dengan Kartu Kredit dan akun PayPal), BACS, dan Cash on Delivery. Ini juga menangani semua kebutuhan pengiriman Anda. Pada dasarnya, WooCommerce menangani semua kebutuhan bisnis online Anda.Meskipun sulit untuk menjadi yang teratas di WooCommerce, ada plugin eCommerce yang tersedia. Misalnya, ada iThemes Exchange, MarketPress dan Katalog Produk eCommerce.

7. Pemasaran Tanggapan Langsung / Halaman Arahan / Alat Konten Premium
Apakah Anda pernah ingin menjalankan situs keanggotaan? Anda dapat dengan mudah mencapainya dengan mengunduh/membeli PrivateContent, UserPro, Magic Members, atau Membership. Setiap plugin memungkinkan Anda untuk menawarkan konten eksklusif kepada anggota dengan sedikit biaya. Namun, setiap plugin memang memiliki fitur dan biaya uniknya sendiri, jadi lakukan penyelidikan sebelum Anda memilih salah satu plugin yang disarankan. Namun, ada juga plugin WP-Members gratis.

Tapi, bagaimana Anda akan mendapatkan pengunjung untuk menjadi anggota? Meskipun halaman arahan yang mengagumkan. Plugin Halaman Arahan WordPress memberi Anda kemampuan untuk memantau dan melacak tingkat konversi, menjalankan Tes Split Multivariat A/B dan mendapatkan kecerdasan dan aktivitas prospek.Setelah Anda memiliki halaman arahan yang efektif, pastikan Anda membuat orang mendaftar ke situs langganan Anda melalui formulir kontak. Gravity Forms adalah salah satu opsi paling populer saat menyertakan formulir kontak di situs WordPress Anda. Ini adalah plugin yang mudah digunakan yang dapat diintegrasikan dengan PayPal, Stripe, FreshBooks, Mailchimp, dan Aweber.

8. Tema Klon
Percaya atau tidak, Anda sebenarnya bisa mengkloning tema. Meskipun kedengarannya menarik, mengapa Anda mencapai tugas seperti itu? Manfaat mengkloning tema dapat digunakan jika mengonversi tema WordPress lama atau mengintegrasikan blog Anda ke situs web yang ada. Tentu saja, ini bisa dilakukan dengan menggunakan plugin seperti ThemeMatcher.

ThemeMatcher sangat mudah digunakan. Cukup masukkan input alamat yang ingin Anda salin, tentukan tata letak dan ThemeMatcher akan mengurus sisanya dalam hitungan detik. Dan, tidak perlu khawatir tentang semua kode, gambar, dan css juga. Plugin ini mengemas ulang semua informasi berharga ini ke dalam file tema .zip. Ini adalah cara cepat dan murah untuk mengkloning tema atau situs.Ada juga tema yang mengkloning lebih banyak situs niche, seperti Pinterest. Misalnya, ada iPin Pro. Tema ini tidak hanya terlihat sangat mirip dengan Pinterest, tetapi juga memiliki fungsi sosial yang sama. Ini adalah tema rapi yang sempurna bagi siapa saja yang ingin berbagi gambar berkualitas.

9. Manajemen Proyek / Alat Editorial
Anda bahkan dapat menggunakan WordPress sebagai manajemen proyek dan alat editorial untuk membuat kalender atau menjadwalkan artikel. Salah satu plugin yang lebih mengesankan untuk manajemen proyek dan dokumen adalah SP Project & Document Manager. Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengatur, berbagi, mengunggah, dan melacak file dengan kolega Anda.

TaskFreak adalah plugin hebat lainnya yang membuat pengelolaan tugas menjadi mudah. Plugin memberi Anda kemampuan untuk membuat dan menetapkan tugas, serta melacak kemajuan tugas.Freelancer adalah pilihan untuk manajemen proyek dan klien. Fitur termasuk manajemen tugas, dasbor proyek, lampiran file, kalender dan halaman detail klien. Orbis dan Proyek Mudah adalah satu lagi set plugin yang dapat digunakan untuk manajemen proyek dan manajemen hubungan pelanggan.

10. Galeri Gambar
Bagaimana jika Anda seorang fotografer atau pengrajin yang ingin memamerkan karyanya? WordPress bahkan dapat digunakan sebagai galeri gambar. Plugin Galeri NextGEN tidak hanya mengunggah gambar, Anda juga dapat mengontrol ukuran, gaya, transisi, dan efek lightbox. Plugin ini juga menampilkan dua tampilan slide gaya tampilan front-end dan galeri thumbnail.Galeri Foto adalah plugin lain yang memberi Anda kekuatan untuk membuat galeri gambar. Plugin ini dapat memberi Anda kemampuan untuk membuat thumbnail, masonry, sideshow, compact album, extended album, atau galeri/album gaya blog.

11. Papan Pekerjaan
Baik Kamu seseorang agen perekrutan, wiraswasta, pengembang website, ataupun blogger, Kamu bisa memakai WordPress selaku kediaman profesi. Salah satu kediaman profesi WordPress yang sangat efisien merupakan WPJobBoard serta daftar fiturnya yang panjang. Misalnya, terdapat mesin pencari canggih yang bisa membantu mempersempit pencarian pekerjaan bersumber pada posisi, tipe pekerjaan, jenis, ataupun bila pekerjaan itu diposting. Terdapat pula aplikasi profesi yang bisa disesuaikan, profil pemberi kegiatan, serta pemberitahuan profesi. Terdapat pula widget yang bisa membantu tingkatkan keikutsertaan di situs. Terdapat pula tombol Terapkan Dari LinkedIn yang rapi. Instalasi sekali klik membuat plugin ini gampang dipakai yang berintegrasi dengan pihak ketiga semacam PayPal. Serta, WPJobBoard akan bertugas pada tema WordPress apa juga. Tema kediaman profesi yang lain buat WordPress merupakan: Jobify, Jobera, WPJobus, JobEngine, serta Suburbs.

6 Tema dan Widget Paling Keren Untuk WordPress
Themes

6 Tema dan Widget Paling Keren Untuk WordPress

Membangun sebuah situs WordPress memang sangat mudah. Namun jika tujuan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih, maka sebaiknya memikirkan hal – hal menarik yang ada di dalamnya. Seperti halnya penggunaan tema dan widget yang sering kali dijadikan bahan acuan untuk menarik pengunjung untuk bertransaksi.
Di bawah ini telah kami ungkap beberapa jenis tema dan widget paling keren yang dapat Anda pilih dan kembangkan pada situs WordPress, di antaranya;

1. Astra
Astra merupakan salah satu terobosan terbaru dan tercepat dalam mempercantik tampilan WordPress. Platform yang satu ini mampu memberikan berbagai macam jenis tema dan widget berdasarkan kesukaan para pengguna. Keunikan dari Astra yaitu Anda bisa menjual berbagai produk makanan dan minuman secara online. Nantinya juga ada pilihan reservasi yang akan memudahkan pengunjung situs untuk membuat pesanan.
2. Cafe Pro
Cafe Pro ialah tema WordPress yang didesain secara minimalis. Nantinya tema bar yang Anda miliki akan terlihat sangat menarik lantaran menghadirkan header yang lebih lebar dari biasanya. Ada pun beberapa fitur tema yang tersedia mulai dari tata letak widget, catatan selamat datang, sistem reservasi, logo khusus dan lain sebagainya. Cafe Pro hadir di bawah naungan perusahaan hosting WordPress, WP Engine. Jadi situs Anda akan terus maju dan berkembang di kemudian hari.

Divi
3. Divi
Divi merupakan tema WordPress yang bisa dibilang memiliki banyak fungsi dan kegunaan yaitu menghadirkan lebih dari 100 desain beranda dan tata letak halaman. Kemunculan platform ini terintegrasi dengan plugin pihak ketiga agar mampu menawarkan berbagai macam opsi dan fitur ke situs yang Anda bangun. Tema yang diberikan juga sangat mudah dan fleksibel pada saat disesuaikan. Nantinya ada panel khusus yang memudahkan admin WordPress untuk melakukan pengelolaan data.
4. Ultra
Ultra yaitu tema WordPress yang telah dirancang khusus untuk berbagai macam situs. Anda pun akan menemukan pengalaman terbaik saat melihat tampilan bar yang dilengkapi berbagai macam fitur editor, penjualan, penelusuran dan lain – lain. Didukung oleh eCommerce, hal tersebut membuat Ultra lebih banyak memberikan opsi tata letak yang sangat cerdas. Tentunya masih banyak fungsi yang Anda temukan saat menggunakan Ultra.
5. OceanWP
OceanWP merupakan tema WordPress gratis yang memiliki banyak fungsi. Platform ini bisa dijadikan mesin terbaik untuk membangun dan mengembangkan situs judi bola Anda demi mengalahkan para kompetitor. Selain itu, Anda pun akan menemukan fitur Search Engine Optimization (SEO) untuk mendapatkan peringkat pertama dalam mesin penelusuran Google. Terlebih lagi, juga ada situs multibahasa yang memudahkan pengunjung jika tidak mampu berbahasa Inggris, Indonesia atau lainnya.
6. Hestia Pro
Dan Hestia Pro adalah tema satu halaman WordPress yang sangat spektakuler dan menakjubkan saat Anda gunakan untuk semua jenis situs. Platform ini telah dilengkapi dengan berbagai macam templat multi-halaman agar mampu meningkatkan eksistensi situs Anda ke arah yang lebih baik. Banyak orang bilang bahwa Hestia Pro merupakan tema yang cocok bagi para pemula. Karena mereka bisa menyesuaikan dengan beberapa widget atau fitur yang ada, sehingga pengalaman membangun sebuah situs terlihat sangat mudah.
Tentunya masih banyak jenis tema dan widget terbaik di internet. Akan tetapi, keenam pilihan yang kami berikan di atas sangat layak untuk Anda pilih sebagai pelengkap situs WordPress untuk mendapatkan tampil menarik dan keuntungan melimpah.

Cara Membuat Favicon WordPress dan Memasangnya
Informasi

Cara Membuat Favicon WordPress dan Memasangnya

Cara Membuat Favicon WordPress dan Memasangnya – Ikon situs web adalah ikon persegi kecil yang mewakili situs web Anda dan biasanya ditampilkan di sebelah judul situs web pada tab browser. Ikon ini juga muncul di riwayat browser, bookmark, dan lokasi lain di mana identitas visual situs web ditampilkan.

Cara Membuat Favicon WordPress dan Memasangnya

wpbars – Pada contoh di bawah, logo ungu “H” adalah ikon favorit Hostinger, dan meskipun kecil, detail ini sangatlah penting bagi identitas online Anda. Pada artikel kali ini, kami akan membahas apa yang Anda maksud dan cara membuat ikon situs web di WordPress dan cara menambahkan ikon situs web ke situs web Anda.

Alasan Situs Perlu Memiliki Favicon

Dikutip dari hostinger, Pada dasarnya icon ini berfungsi sebagai logo website. Oleh karena itu, ketika orang mengunjungi situs Anda, mereka akan melihat logo ini di bagian tab browser. Jika situs web Anda tidak memiliki ikon situs web, itu akan memalukan karena pengunjung mungkin menganggap situs web Anda kurang kredibel.

Berikut beberapa alasan mengapa ikon ini sangat penting untuk situs web Anda:

Merek pengenalan layanan

Beberapa pengguna sering membuka banyak tab di browser mereka. Tanpa ikon, mereka hanya akan melihat halaman atau nama posting Anda di tab browser. Selain itu, jika Anda membuka lebih dari 20 tab, ukuran tab akan lebih pendek. Daqmpaknya, pengunjung akan sangat kesulitan mengidentifikasi situs yang mereka buka.

Dengan menambahkan beberapa ikon ini, visitor situs dapat lebih mudah mengidentifikasi setiap tag. Apabila ikon Anda cukup unik, visibilitas serta pengalaman pengguna situs web akan lebih baik.

Baca juga : Cara Membuat Widget Fixed

Membangun kepercayaan

Tanpa ikon situs web, kesan pertama Anda terhadap pengunjung situs web mungkin buruk. Situs web tanpa ikon identitas ini terlihat tidak profesional. Jika website Anda hanya digunakan untuk blog harian, maka ini mungkin bukan masalah besar. Namun untuk website perusahaan atau toko online, icon ini memiliki peran yang sangat penting.

Pengunjung pasti akan berdagang di situs web yang tidak profesional.

Tingkatkan pengalaman seluler

Saat ini hampir semua pengguna menggunakan smartphone untuk mengakses website. Situs responsif saja tidak cukup untuk meningkatkan pengalaman seluler, terutama di era teknologi seluler saat ini, dengan semakin populernya aplikasi web.

Pengguna dapat dengan mudah menandai situs web di ponsel cerdas mereka, sehingga mereka tidak perlu lagi mengetikkan URL.

Nah, dalam hal ini, memiliki ikon yang dirancang dengan baik dapat menguntungkan Anda dalam segala hal. Pertama, ikon dapat digunakan sebagai ikon aplikasi, dan kedua, pengguna akan mengingat ikon Anda. Oleh karena itu, mereka akan mengaitkan ikon favorit ini dengan situs web Anda untuk menyimpannya dalam memori mereka.

Cara Membuat Favicon di WordPress

Biasanya icon favoritnya adalah logo brand Anda. WordPress merekomendasikan ukuran ikon blog atau situs web 512 piksel x 512 piksel (persegi).

Anda dapat menggunakan gambar yang lebih besar, tetapi Anda mungkin diminta untuk memotongnya agar sesuai dengan persyaratan WordPress.

Untuk membuat gambar dengan ukuran persis 512 pixels x 512 pixels, Anda dapat menggunakan berbagai software editing gambar, seperti Adobe Photoshop (berbayar) dan Gimp (gratis), atau Anda juga dapat mencoba cara membuat gambar secara online. Gunakan ikon pembangun.

Kemudian, meskipun Anda dapat memilih warna latar belakang untuk ikon situs web WordPress, warna transparan terlihat lebih efektif. Anda dapat menggunakan format file .jpeg, .ico, .gif atau .png (jika Anda menggunakan latar belakang transparan, pastikan untuk menggunakan format .png).

Setelah menyiapkan gambar, gunakan salah satu metode berikut untuk menambahkannya ke situs WordPress Anda. Anda juga dapat menggunakan poin yang kami jelaskan di bawah ini untuk mengubah ikon favorit.

1. Menggunakan WordPress Customizer

Jika Anda sudah menggunakan WordPress 4.3 atau lebih tinggi, Anda dapat dengan mudah menambahkan ikon situs web WordPress melalui area manajemen. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya:

Buka dasbor manajemen Anda
Arahkan mouse ke atas tampilan -> sesuaikan
Pilih identitas situs web
Klik “Pilih Gambar” di bawah bagian “Ikon Situs”.
Unggah gambar ikon yang Anda siapkan
Klik Publikasikan untuk menyimpan perubahan

Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini dengan benar, sebuah ikon akan muncul di sebelah judul situs web. Untuk menambahkannya ke perangkat seluler Anda, buka situs web dari ponsel Anda dan pilih Tambahkan ke layar beranda.

Ikon favorit Anda sekarang akan muncul di layar beranda.

2. Menggunakan Plugin

Anda juga dapat menambahkan ikon ke WordPress dengan bantuan plugin RealFaviconGenerator bernama Favicon. Selain mudah digunakan, plug-in ini juga memiliki fungsi yang beragam. Berikut adalah cara menggunakan plug-in terkait untuk membuat ikon favorit:

Buka dasbor manajemen
Pilih Plugin-> Tambahkan Baru
Ketik Favicon RealFaviconGenerator di kotak pencarian
Instal dan aktifkan plugin
Setelah aktivasi, buka Appearance -> Favicon
Unggah gambar yang ingin Anda gunakan sebagai ikon favorit. Anda tidak perlu mengeditnya, karena plugin ini akan menjalankan untuk Anda. Pastikan berukuran minimal 70 x 70 piksel. Lebih baik lagi, gunakan gambar yang lebih besar dari 260 x 260 piksel
Kemudian gambar diunggah, klik Generate Favicon
kemudian, kamu akan diarahkan ke situs RealFaviconGenerator
Di situs web ini, cari serta klik opsi “Buat Favicon dan kode HTML”
Kemudian Anda akan dibawa kembali ke situs web Anda. Jika berhasil, notifikasi akan menunjukkan bahwa icon website Anda sudah siap
Periksa bagaimana ikon situs web ditampilkan di browser dan perangkat seluler.

3. Favicon secara Manual

Sebelum menjalankan ikon situs web dengan cara ini, Anda harus mengujinya terlebih dahulu dengan komputer Anda.

Akses file tema melalui klien FTP atau pengelola file
Temukan folder / wp-content / theme / your-theme
Unggah ikon situs web Anda ke folder tema. Kami merekomendasikan untuk mengunggah ikon favorit ke subfolder (mis. Aset)
Ingat file jalur ini

4. Favicon di Website secara Otomatis

Sebagian besar browser web saat ini dapat mendeteksi file favicon.ico yang terletak di direktori situs web dan segera menggunakannya. Ini adalah cara termudah untuk menambahkan ikon favorit ke situs web Anda.

Siapkan gambar persegi 1: 1 dalam format .jpeg, .bmp, .gif atau png. Sangat disarankan untuk menggunakan kotak karena terlihat paling profesional.
Konversikan gambar ke format .ico. Ada banyak alat online yang dapat Anda gunakan, tetapi dalam tutorial ini, kami menggunakan convertico.
Buka convertico dan klik tombol untuk memilih dan mengunggah file.

Untuk mengupload file ini, Anda dapat menggunakan file manager atau aplikasi FTP. Di host Linux, ini biasanya public_html. Namun, direktori tersebut mungkin berbeda, bergantung pada konfigurasi atau penyedia hosting Anda. Dalam hal ini, Anda harus menghubungi perusahaan hosting terlebih dahulu.

Setelah mengupload file favicon.ico dan file website lainnya, browser akan langsung mengenali file tersebut dan menampilkannya di browser.

5. Cara Membuat Favicon di HTML

Jika menurut Anda metode sebelumnya merepotkan, Anda dapat menggunakan gambar umum sebagai ikon favorit untuk situs web. Berikut ini adalah cara menambahkan ikon favorit di HTML:

Siapkan gambar persegi 1: 1 dalam format .jpeg, .bmp, .gif atau .png.
Unggah file ke direktori tempat situs web Anda berada. Di host Linux, ini biasanya public_html. Namun, direktori tersebut mungkin berbeda, bergantung pada konfigurasi atau penyedia hosting Anda. Kami menyarankan Anda menghubungi perusahaan hosting terlebih dahulu.
Masukkan gambar yang ingin Anda gunakan di kode situs web. Tambahkan baris berikut di antara tag <head> </ head> pada kode situs web.

Cara Membuat Widget Fixed
Informasi

Cara Membuat Widget Fixed

Cara Membuat Widget Fixed – Saat Anda mengunjungi beberapa blog atau website, mungkin Anda akan melihat area yang akan bergerak naik turun saat Anda menggunakan mouse untuk menggulir atau menggulir halaman.

Cara Membuat Widget Fixed

wpbars – Pemilik situs web memperbaiki, mengapung, atau mengapungkan beberapa elemen penting untuk tujuan tertentu. Mungkin Anda akan melihat elemen tetap di bilah judul, bilah footer, widget bilah sisi, buletin, dll.

Untuk hover atau pin di header atau footer bar, Anda bisa membaca tutorial saya di blog ini. Untuk artikel kali ini, saya akan membuat tutorial khusus untuk menggunakan plugin gratis Fixed Widget untuk membuat widget tetap atau mengambang yang dihimpun dari centerklik.

Keuntungan Membuat Widget Melayang

Karena elemen yang ada di situs web akan mengambang atau mengambang saat menggulir, ini akan memungkinkan rasio klik-tayang yang lebih tinggi dibandingkan dengan widget yang tampak sudah diperbaiki atau diperbaiki.

Jika Anda menggunakan widget tetap ini untuk beriklan, secara otomatis akan meningkatkan pendapatan Anda, karena pengunjung akan tertarik untuk melihat bagian yang lebih menonjol daripada bagian lain.

Anda tidak hanya dapat menggunakan metode ini untuk beriklan, Anda juga dapat mengapung widget yang terletak di situs WordPress Anda di berbagai iklan. Anda dapat membuat hover untuk posting terbaru, posting terbaru, kotak pelanggan, iklan, dll.

Baca juga : Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website Anda

Situs kecil tidak hanya menggunakan metode ini untuk menarik perhatian pengunjung, tetapi situs jejaring sosial terkenal Facebook juga membuat bagian sidebar-nya mengambang atau tetap sebagai bagian iklannya. Mengetahui hal tersebut, ternyata membuat elemen pada sidebar terlihat mengambang memiliki efek yang besar dalam menarik perhatian pengguna. Sekarang saatnya menerapkan metode ini ke situs WordPress.

Cara Membuat Widget Fixed

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Q2w3 Fixed Widget melalui administrator WordPress. Anda dapat membaca artikel berikut⇒ “Panduan Lengkap Menginstal Plugin WordPress”.

Setelah menginstal plugin dan mengaktifkannya, item menu baru bernama “Fixed Widget Options” akan muncul dan menjadi submenu Appearance. Dan silakan masuk ke menu untuk mengkonfigurasi plugin.

Pada halaman pengaturan plugin, Anda akan melihat pengaturan yang sangat sederhana, dan bahkan para pemula pun akan mudah untuk mengkonfigurasi plugin ini.

Sama seperti gambar di atas, Anda akan melihat bagian “Opsi Umum” di mana Anda dapat mengatur “Margin Atas” sebagai jarak antara widget yang akan disematkan atau di-hover dan widget lainnya, dan sebaliknya, setel “Margin bawah” mengacu pada jarak dari elemen di bawah.

Sedangkan untuk “refresh interval”, biarkan pada nilai default, yaitu 1500. Untuk lebar layar maksimum, ini mengacu pada ukuran widget untuk menampilkan widget dalam keadaan mengambang.

Misalnya, jika Anda mengisinya dengan 800px, jika ukurannya kurang dari Pada 800 piksel, widget tidak akan muncul sebagai floating, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menyesuaikan agar tidak muncul sebagai floating saat pengguna menggunakan smartphone.

Selain itu, untuk bagian “kompatibilitas”, saya hanya memeriksa ID widget perbaikan otomatis dan jendela jQuery pengguna, dan untuk widget tampilan panggilan balik, saya memasukkan 30. Ubah tombol “.

Langkah selanjutnya adalah langkah terakhir untuk membuat widget tetap. Silakan buka menu Tampilan» Widget, lalu pilih widget yang ingin Anda arahkan, lalu centang kotak “Widget Tetap”.

Di sini, contohnya, Saya membuat widget teks sebagai uji coba. Lihat gambar di bawah ini: Setelah memilih opsi “Widget tetap”, simpan widget tersebut dan lihat perubahannya di situs WordPress.

Jika sidebar yang Anda buat sudah diperbaiki dan tidak tampak mengambang, Harap bersihkan cache di browser Anda dan cache di situs WordPress Anda saat menggunakan plugin cache.

Catatan: Plugin widget tetap ini berlaku untuk semua jenis widget di WordPress. Anda dapat menggunakannya untuk promosi produk, posting populer, foto flickr, facebook, kalender Google, dan apa pun yang ingin Anda perbaiki atau mengambang, ini adalah panduan cepat untuk membuat widget mengambang di WordPress menggunakan Widget Tetap q2w3. memasukkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, silahkan mencobanya.

Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website Anda
Wordpress Themes

Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website Anda

Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website Anda – Jika Anda mencari tema terbaik untuk situs WordPress Anda, maka Anda tahu bahwa ada banyak tema WordPress yang dapat dipilih. Ada banyak template WordPress gratis yang menarik perhatian Anda, dan beberapa di antaranya mungkin lebih menarik.

Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website Anda

wpbars – Sebagian besar tema terkenal berbayar, tetapi orang bersedia membayar untuk tema ini karena berfungsi dengan baik dan memiliki dukungan yang baik. Dengan cara ini, Anda dapat menggunakannya dengan mudah.

Memilih template gratis yang tepat tidak diragukan lagi merupakan hal yang sulit. Itulah mengapa kami telah mengumpulkan beberapa templat WordPress gratis terbaik, templat yang dapat Anda coba untuk situs web Anda.

1. Hestia

Melansir dewaweb, Hestia adalah tema WordPress multiguna. Tata letak yang sangat populer ini cocok untuk membuat berbagai jenis website, termasuk bisnis, perusahaan, portofolio, e-commerce, dan lain sebagainya.

Tema WordPress ini kompatibel dengan WooCommerce. Inilah salah satu alasan Hestia cocok untuk toko online. Hestia juga terintegrasi secara mulus dengan plugin pembuat halaman SiteOrigin, yang akan membantu Anda membuat halaman target yang bagus dengan mudah.

Template WordPress ini juga didasarkan pada alat kustomisasi WordPress, yang memungkinkan Anda menyesuaikan segala sesuatu tentang template ini. Template juga dioptimalkan untuk SEO dan dapat digunakan dengan berbagai plugin WordPress.

Baca juga : WordPress Theme Framework Terpopuler

2. Shapely

Shapely adalah salah satu template WordPress terbaik. Template ini bisa dikatakan praktis dan cantik. Pengembang template ini berhasil menggabungkan fitur-fitur hebat dengan grafik hebat. Selain itu, desainnya kompatibel dengan berbagai perangkat, seperti ponsel, tablet, laptop, dan komputer Android, iOS, dan Windows.

Selain itu, templat ini juga mendukung tampilan retina, sehingga Anda dapat menikmati grafik, teks, dan ikon vektor yang jelas. Template WordPress ini juga kompatibel dengan berbagai plugin WordPress, seperti Contact Form 7, Google Analytics, Yoast SEO, dan Gravity Forms.

3. Illdy

Illdy adalah template WordPress yang fleksibel dan serbaguna. Template ini telah dirancang dan dikembangkan sebagai template WordPress terlengkap dan gratis.

Dilengkapi dengan WordPress Live Customizer dan beberapa widget serta ikon dan kode pendek, dapat digunakan pada perangkat dengan tampilan retina. Anda juga dapat mengonfigurasi widget, ikon, dan kode pendek sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Illdy sepenuhnya siap untuk membuat situs web yang kuat, kompleks, dan modern tanpa menulis kode apa pun.

Illdy yang dibangun melalui pengkodean bootloader dapat digunakan dan diakses dari berbagai perangkat, browser, platform, ukuran dan orientasi layar. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan template yang tidak wajar, situs web Anda akan selalu terlihat bagus di mana pun Anda mengunjunginya.

4. MedZone

Bagi Anda yang idamkan menyebabkan sebuah website terjalin bersama dengan dunia kesegaran dan medical, Anda sanggup memilih template MedZone. Template yang satu ini spesifik dibikin untuk klik dan institusi medical lainnya.

MedZone mempunyai konsep professional yang sebenarnya ditujukan untuk sebuah organisasi. Template ini sedia kan halaman staff, took online, dan bagian yang membuktikan postingan terbaru.

Dengan template ini, Anda mendapat layout dan blog bersama dengan menu yang sudah simple. Template ini juga sedia kan sidebar. Mereka juga sedia kan system panggilan untuk ambulance dan emergency. Anda juga sanggup menyertakan akses cepat ke layanan-layanan perlu yang Anda sediakan.

MedZone dibuat bersama Google Fonts untuk typography dan terhitung telah dioptimasi untuk retina display. Layout ini terhitung responsive sehingga MedZone dapat segera beradaptasi bersama ukuran layar apapun.

Anda terhitung punyai halaman konten tidak terbatas dan dapat mengatur proses perjanjian atau appointment yang mudah digunakan. Klien dapat terhitung sebabkan akun dan login ke web Anda untuk mengatur appointment mereka.

Tidak hanya itu, MedZone terhitung telah siap untuk diintegrasikan bersama WooCommerce dan WordPress Multilingual Plugin (WPML). Dengan kedua tools ini, Anda dapat menerjemahkan semua teks dan sebabkan store bersama mudah. Mereka terhitung menambahkan support dan update yang konstan dan gratis.

5. Auberge

Auberge adalah salah satu template WordPress terbaik. Dengan rating 5 bintang, Auberge telah didownload lebih dari 30000 kali. Popularitas ini tentu saja menjadi bukti bahwa Auberge merupakan salah satu tema WordPress favorit.

Dengan template yang satu ini, Anda bisa menyajikan konten Anda bersama dengan resolusi tinggi. Di luar sana, banyak website yang wajib hadapi persoalan resizing dan kompatibilitas. Untungnya, Auberge dibangun bersama dengan mindset ‘mobile-first’ untuk memastikan bahwa pengguna yang mengakses website dari perangkat mobile bakal mendapat experience yang mirip bersama dengan mereka yang mengakses website dari PC.

Tema ini memang bisa dibilang fleksibel, namun memang Auberge lebih dikhususkan untuk café dan restaurant. Membangun halaman Anda tidak sukar mirip sekali. Auberge menolong plugin page builder Beaver. Baik pemula maupun seseorang yang telah expert didalam manfaatkan kode bisa membangun website Anda bersama dengan baik.

Anda juga dapat mengatur sendiri warna kesukaan anda untuk website Anda. Anda bisa menentukan berbagai colour palette tidak terbatas dan ini bisa menolong Anda membangun website bersama dengan tampilan yang Anda inginkan. Template ini juga bakal bekerja bersama dengan berbagai browser.

Mengenal Apa Itu Widget dan Sidebar WordPress
Download Themes

Mengenal Apa Itu Widget dan Sidebar WordPress

Semua sudah tidak asing dengan CMS WordPress. Sebuah CMS yang lahir pada tahun 2003 yang saat ini begitu popular. WordPress merupakan sebuah platform pembuatan website. WordPress diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Hal menarik dari WordPress ini adalah open source. Open Soucer artinya penggunanya dapat dengan bebas untuk memodifikasinya dan menggunakan CMS ini secara gratis. Plugin yang disediakan juga mudah sehingga pengguna dapat menambahkan fitur website dengan sekali klik.

Widget dan Sidebar WordPress

Manfaat dari membuat dan menggunakan WordPress yaitu yang pertama aman. Terutama untuk pemula karena fiturnya yang mudah dan beragam. Manfaat yang kedua yaitu ringan tidak memerlukan kapasitas memory yang besar. Manfaat yang ketiga cocok sekali untuk jangka panjang. Manfaat yang lain yaitu komunitas yang besar. 30 persen website di dunia menggunakan WordPress yang menjadikan CMS ini pemegang market share terbesar di platform pembuat website di seluruh dunia. Di WordPress juga tersedia banyak tutorial. Jadi buat kalian yang masih pemula tidak usah khawatir jika ingin membuat website, karena anda bisa melihat tutorial yang telah disediakan. Atau kalau masih kurang jelas, gunakan komunitas besar pengguna WordPress untuk berdiskusi.

Manfaat lainnya yaitu plugin melimpah. WordPress menyediakan berbagai macam plugin yang memudahkan anda untuk mengelola dan menambahkan fitur untuk website anda. Dalam WordPress juga memiliki Widget dan Sidebar. Widget adalah suatu element interaksi seperti button dan scrollbar namun dalam WordPress yang dimaksud element interaksi itu yang nantinya digunakan untuk personalisasi blog dan mempercantik tampilan selain menggunakan tema. Atau tambahan dari penggunaan tema. Widget merupakan kotak berisi kode kode tertentu dimana anda bisa memindahkan ke sidebar. Seperti calendar, Recent Post, Recent Comments, kode HTML, atau Search. Sidebar adalah ada bar yang berada disamping yang merupakan fitur dari tema sejak WordPress versi 2.2 dan berprinsip sebagai kolom vertikal untuk menampilkan informasi selain dari isi utama pada sebuah halaman situs.

Adapun cara memasang widget sangatlah mudah tinggal geser widget yang kamu pilih ke dalam sidebar. Begini penjelasannya. Hal pertama yang harus dilakukan ialah login ke halaman WordPress. Masukkan username dan password anda. Lalu pilih menu appearance. Lalu halaman widget akan terbuka. Setelah terbuka tambahkan widget sesuai yang kalian inginkan seperti archives, audio, calendar, categories, custom HTML, Custom Menu, Image, Meta, Pages, Recent Comments, Recent Post, Recent Post Extended, RSS, Seacrh, Tag Cloud, Text, dan Video. Cara memasangnya, silahkan drag widget yang anda pilih ke sidebar atau footer pada bagian kanan. Setelah memasang beberapa widget yang diinginkan jangan lupa untuk klik save. Setelah itu Widget anda berhasil terpasang. Mudah bukan? Anda juga bisa menambahkan widget selain widget default diatas loh dengan cara buka menu plugins di dashboard admin dan klik add new. Lalu pada kolom pencarian ketikkan simple social icons kemudian install dan aktifkan plugin tersebut. Selesai.

Kesimpulannya, ternyata widget, sidebar atau footer itu bisa meningkatkan dan mengoptimalkan fungsional situs. Anda juga tidak perlu menulis kode HTML untuk mengaturnya, cukup untuk pilih, drag dan geser lalu save. Dengan begitu fitur widget sudah berhasil terpasang. Itu tadi merupakan ulasan sekilas mengenai Widget dan Sidebar. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai fitur WordPress dan dapat bermanfaat untuk semuanya.

WordPress Theme Framework Terpopuler
Themes

WordPress Theme Framework Terpopuler

WordPress Theme Framework Terpopuler – Untuk memudahkan Anda memilih, kami hanya merangkum 9+ kerangka kerja tema WordPress terbaik. Beberapa di antaranya gratis dan beberapa berbayar.

WordPress Theme Framework Terpopuler

wpbars – Saran kami adalah memilih kerangka tema yang sesuai dengan anggaran, kebutuhan, dan keterampilan Anda.

Berikut ini beberapa WordPress Theme Framework Terpopuler yang di rangkum oleh :

1. Gantry 5

Gantry 5 adalah kerangka jenis pseudo-drag and drop dengan pengelola tata letak yang kuat dan mudah digunakan. Manajer tata letak memastikan bahwa Anda mengontrol tata letak dengan kualitas visual yang baik.

Framework ini menggunakan sistem grid Nucleus, yang dibangun dari awal menggunakan Flexbox dan diikat dengan pengelola layout untuk membentuk kelas.

Perlu dicatat bahwa kerangka Gantry tidak memiliki tema default. Oleh karena itu, agar tema Gantry berfungsi, Anda harus menginstal framework dan temanya. Anda dapat mengunduh tema Gantry default di situs web kerangka kerja Gantry.

Fitur unggulan:

  • Manajer tata letak yang fleksibel memungkinkan Anda membuat dan menyesuaikan tata letak dengan mudah melalui fungsionalitas seret dan lepas.
  • Sistem partikel membuatnya lebih mudah untuk membuat, mengkonfigurasi, dan mengelola blok konten.
  • Editor menu visual memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengatur hierarki menu dan menambahkan partikel dan ikon ke dalamnya.
  • Menu besar dapat digunakan untuk menyediakan menu navigasi yang lebih lengkap daripada menu drop-down standar.
  • Sistem cabang dengan templat memudahkan Anda menyesuaikan tema melalui templat kode HTML

2. Genesis

Genesis adalah kerangka kerja tema pseudo drag-and-drop WordPress, yang juga dirancang khusus untuk pengembang. Dibandingkan dengan kerangka tema lainnya, banyak profesional WordPress lebih suka menggunakan Genesis. Ini karena Genesis adalah salah satu kerangka kerja yang paling ramah SEO, berkode baik, aman, dan terjangkau.

Saat menggunakan kerangka tema Genesis, itu harus dipasangkan dengan sub-tema Genesis agar berfungsi dengan sempurna.

Jika Anda menemui masalah saat menggunakan framework tema ini, tidak perlu khawatir. Karena Genesis memiliki komunitas pengembang yang sangat aktif. Banyak dari mereka memiliki blog tempat mereka berbagi tip dan tutorial.

Baca juga : Pengenalan Dasar WordPress Themes

Fitur utama:

  • Optimisasi Mesin Pencari. Pengembang Genesis mempertimbangkan algoritme peringkat terbaru saat merancang tema ini. Genesis menjamin dapat meningkatkan visibilitas situs web Anda di mesin pencari.
  • Desainnya bisa disesuaikan. Dengan Genesis, Anda dapat melakukan operasi kustom Anda sendiri, seperti mengubah warna palet atau menambahkan elemen halaman.
  • Ini berisi elemen halaman. Kerangka tema terintegrasi dengan elemen halaman WordPress dasar, termasuk tata letak, judul, templat, latar belakang, dan widget khusus.
  • Dukungan tak terbatas dan pembaruan catatan mendetail. Ada juga banyak tema anak-anak yang menakjubkan, yang telah dioptimalkan dengan kode-kode modern.

Harga: Paket tema dasar adalah US $ 59,95, dan paket Pro Plus dari semua tema adalah US $ 499,95.

3. Thesis 2.0

Tesis adalah kerangka tema pseudo-drag-and-drop dan disebut satu-satunya pesaing Genesis. Tesis 2.0 adalah jenis makalah baru, yang menghadirkan fitur-fitur yang lebih menarik.

Kerangka tema ini cocok untuk pemula yang lebih dari sekedar situs web yang indah. Selain mudah untuk disesuaikan, Anda juga memiliki kendali penuh atas elemen terkecil di dasbor WordPress.

Tesis adalah kerangka tematik yang sangat modern dan responsif. Situs web Anda akan sangat cocok dengan tema ini. Bahkan di perangkat dengan layar kecil! Editor template visual untuk tesis membuatnya mudah dan menyenangkan bagi siapa saja untuk menggunakannya. Anda bahkan tidak perlu menulis kode apa pun!

Fitur unggulan:

  • Kotak adalah salah satu fungsi khusus kertas, yang memungkinkan pengguna untuk menunjuk dan mengklik fungsi lain tanpa kode.
  • Penampilannya bisa membantu Anda menyesuaikan desain.
  • Alat webmaster (seperti alat webmaster dan kepengarangan Google) adalah alat penting yang dapat membantu Anda dengan SEO dan branding situs web.
  • Didesain untuk blogger dan pemilik bisnis kecil, dan mencakup layanan langganan email seperti AWeber dan MailChimp.
  • Ramah untuk pengembang, karena pengembang dapat menggunakan editor kode bawaan khusus untuk desain yang lebih mendalam. Biarkan mereka mengontrol desain tema dengan lebih baik.

Harga: $ 87 per tahun untuk domain subjek. 187 USD per tahun (5 nama domain). $ 297 per tahun, berlaku untuk 20 domain.

4. Themify

Themify adalah kerangka tema WordPress tipe opsi lengkap yang memungkinkan Anda menggunakan pembuat situs web seret dan lepas. Dengan pembuat situs web ini, Anda dapat dengan mudah membuat tata letak yang tampak memuaskan.

Dengan menggunakan kerangka tema ini, Anda dapat menambahkan widget apa pun ke tata letak halaman. Tata letak yang dibuat oleh pembangun dikelola menggunakan tata letak kisi dengan beberapa baris dan beberapa kolom. Semuanya memiliki kecepatan respons 100% dan dapat dengan mudah digunakan pada perangkat portabel.

Karena Themify adalah framework terintegrasi, jika Anda ingin menggunakan framework ini, Anda harus memilih tema dari Themify.

Fitur unggulan:

  • Pratinjau waktu nyata. Opsi ini memungkinkan pengembang web untuk melihat perubahan di situs WordPress mereka.
  • Template yang sudah diinstal sebelumnya. Themify menyediakan berbagai template, tema pemula, dan tata letak halaman yang telah dirancang sebelumnya untuk digunakan pengembang.
  • Integrasi kode pendek. Pengembang web dapat menggunakan kode singkatan mereka atau salah satu kode singkatan pihak ketiga untuk memperluas fungsionalitas tema.
  • Desain yang sangat responsif, cocok untuk berbagai peralatan monitor.

5. TeslaThemes Framework

TeslaThemes adalah kerangka jenis opsi lengkap. Kerangka kerja ini memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas tema WordPress Anda dengan mudah. Mereka yang bahkan tidak tahu cara mengembangkan situs web bahkan dapat menggunakan kerangka kerja ini.

Dengan bergabung dalam komunitas, Anda akan memiliki akses ke semua topiknya. Topik dan topik yang akan diterbitkan. Keuntungan dari kerangka Tesla adalah siapa pun dapat menggunakannya!

Dengan pembaruan satu klik, Anda dapat menemukan beberapa templat halaman yang menakjubkan. Kerangka kerja ini memiliki potensi yang cukup untuk membuat situs web Anda menonjol.

Untuk pengguna akhir, satu-satunya interaksi langsung yang paling sering dilakukan Tesla adalah melalui panel kontrol tema. Dari sana, Anda dapat menemukan cara mudah untuk menyesuaikan tema, seperti:

  • Unggah gambar logo dan tulis teks judul.
  • Tetapkan warna default situs web.
  • Tambahkan informasi kontak.
  • Menambahkan kustomisasi CSS.
  • Konfigurasikan ikon sosial.
  • Unggah gambar latar belakang.
  • Tambahkan kode catatan kaki.

Meskipun kerangka kerja ini tidak memberikan banyak opsi di bagian konfigurasi tema, kerangka ini tetap mudah digunakan.

Fitur unggulan:

Pengaturan sederhana di TeslaThemes akan memudahkan Anda membangun situs web impian. Apa pun alat yang Anda gunakan

Dengan lebih dari 60 tata letak siap pakai, Anda dapat dengan mudah dan cepat menemukan tampilan yang sempurna untuk bisnis atau proyek Anda.

Berlaku untuk semua tren terbaru. Produk apa pun yang dirilis oleh TeslaTheme sepenuhnya kompatibel dengan semua perangkat modern, browser web, layar retina, dan plug-in populer.

Pengenalan Dasar WordPress Themes
Wordpress Themes

Pengenalan Dasar WordPress Themes

Pengenalan Dasar WordPress Themes – Saat membuat website dengan WordPress, kami pasti akan menggunakan tema. Apa sebenarnya tema WordPress itu? Jika kita ingin mahir dalam WordPress, kita harus mahir dalam theme.

Pengenalan Dasar WordPress Themes

Sumber : panduanim.com

wpbars – Apakah kita harus bisa membuat tema? Menurut saya kita tidak perlu membuat tema, tapi menurut saya kita harus memahami konsep tema.

Kemudian muncul pertanyaan selanjutnya, dimana kita bisa mempelajari tema ini dari WordPress? Tentunya kita bisa mempelajari sumber utama tema WordPress di situs WordPress itu sendiri.

Dengan menggunakan theme WordPress, kita bisa mengubah desain dan layout website yang kita buat. Dengan menggunakan theme WordPress ini, kita dapat mengubah tampilan website yang sedang dikembangkan. Kita dapat mengunduh banyak tema di direktori tema WordPress.

Saat kita membuat tema untuk WordPress, tema tersebut akan mengambil data yang disimpan oleh program WordPress dan kemudian menampilkannya sesuai dengan layout dan desain yang dibutuhkan. Dengan pengetahuan HTML, CSS dan PHP kita dapat mendesain tampilan tema sesuai tampilan yang diinginkan.

Fungsi WordPress Themes

Berdasarkan namanya saja, saya yakin Anda sudah bisa menebak tujuan dari tema WordPress. Betul betul, theme WordPress ini digunakan untuk menambahkan fitur-fitur pada tampilan atau layout WordPress agar tampilan semakin menarik.

Ini seperti kostum, bisa diubah agar terlihat berbeda, ini juga berlaku untuk tema WordPress, Anda bisa mengubahnya sesuai kebutuhan.

Untuk mengakses tema WordPress, buka dasbor Admin WP dan pilih menu “Appearance-Theme”. Saat Anda masuk ke bagian “Tema”, Anda akan menemukan bahwa beberapa tema telah diinstal sebelumnya. Ini adalah tema default WordPress.

4 hal yang perlu Anda ketahui tentang tema WordPress

Cara Install WordPress Themes

Sumber : wpbeginner.com

Pada langkah pertama, Anda perlu menemukan tema yang diinginkan di perpustakaan sumber daya WordPress atau Google. Setelah menemukan tema yang cocok, Anda perlu menginstalnya.

Ada dua cara untuk memasang tema WordPress: cari dari repositori WordPress atau unggah file tema WordPress dalam format zip.
Cari dari database WordPress

1. Buka dasbor Admin WP

2. Pilih Menu Penampilan-Tema

3. Klik tombol Tambah Baru

4. Kemudian pilih tema yang diinginkan. Anda bisa lihat gambar di bawah ini, klik “Latest” (theme terbaru di WordPress) atau “Popular” (theme populer di WordPress).

Anda dapat mengubah tema sesuai kebutuhan.

5. Jika Anda sudah mengetahui segmen pasar apa yang ingin Anda buat di website Anda, silahkan masukkan kata kunci yang Anda cari di kotak pencarian. Misalkan Anda ingin mencari: weddings. Kemudian, semua topik yang berhubungan dengan “Pernikahan” akan ditampilkan. Setelah itu, klik tombol “Instal”
Unggah file tema WordPress

1. Buka dasbor Admin WP

2. Pilih Menu Penampilan-Tema

3. Klik tombol Tambah Baru

4. Klik tombol unggah tema

Untuk mendapatkan file tema yang diunggah, Anda dapat mencari di Google dengan kata kunci berikut: Tema WordPress Pernikahan, Tema WordPress Terbaik, dll.

Cara Mengaktifkan WordPress Themes

Setelah menginstal tema yang diperlukan, Anda perlu mengaktifkan tema tersebut. Sebelum mengaktifkannya, Anda dapat melihat dulu tampilan tema secara real time. Jika Anda menentukan tema, Anda dapat mengaktifkannya dengan mengklik tombol “Activate”

Menghapus WordPress Themes

Jika Anda tidak menggunakan tema WordPress tertentu, Anda dapat menghapus tema tersebut. Yang perlu Anda ketahui adalah Anda tidak dapat menghapus tema saat sedang aktif. Anda perlu menonaktifkan tema, dan tema tersebut akan dihapus terlebih dahulu dengan cara berikut:

1. Buka Menu Penampilan-Tema
2. Untuk menonaktifkan tema, Anda hanya perlu mengaktifkan tema lain, sehingga tema tersebut otomatis menjadi tidak aktif.
3. Klik Themes
4. Klik Delete

Cara Melakukan Setting

Sumber : hostinger.co.id

Anda dapat mengonfigurasi setiap tema WordPress sesuai kebutuhan. Biasanya setelah berhasil menginstal dan mengaktifkan theme WordPress, akan muncul menu baru di menu WordPress.

Misalnya setelah memasang tema “Wedding Style”. Menu “Wedding Style Options” muncul. Setiap tema memiliki tampilan, fungsi, tata letak, dan pengaturan yang berbeda. Saya tidak bisa menjelaskan secara detail di sini. Di artikel lain, kami akan membahas lebih detail tentang pengaturan tema WordPress.

Namun pada prinsipnya, konten yang perlu diatur dalam sebuah tema WordPress kurang lebih sama, begitu seterusnya.
warna latar belakang
Header
Sidebar
Footer

Contoh WordPress Themes

Ada banyak tema WordPress yang tersedia, jadi tema mana yang terbaik untuk situs web Anda? Jawabannya tergantung.

Itu tergantung pada jenis situs web yang ingin Anda buat. Saya mengkategorikannya menjadi 3 jenis situs web:

1. Informasi perusahaan / pribadi.
Situs web ini bertujuan untuk memperkenalkan profil perusahaan atau merek pribadi. Jika Anda perhatikan, saat ini sebagian besar perusahaan memiliki website profil ini.

2. Blog.
Sebuah situs web yang dirancang untuk memberikan pembaruan artikel yang bermanfaat dari waktu ke waktu. Artikel dapat berupa berita terbaru, tips tutorial, dan urutan cerita yang dapat bermanfaat bagi pengunjung situs web.

3. Toko online.
Situs web yang dirancang untuk menjual. Website terdapat dalam bentuk etalase tempat produk akan dijual dan diintegrasikan sehingga pengunjung dapat melakukan pembelian secara online melalui website.

Masing-masing jenis di atas memiliki tampilan tema yang berbeda-beda, misalnya jika ingin membuat website toko online sebaiknya memilih tema hanya untuk toko online. Di sisi lain, jika Anda memilih “Blog”, pilih topik yang didedikasikan untuk “Blog”.

Perbedaan Antara Free dan Premium WordPress Themes

Ada 2 jenis tema WordPress, yaitu tema WordPress gratis (gratis) dan premium (berbayar).

Tema WordPress gratis. Anda dapat mengunduh tema ini secara gratis dan Anda dapat mencoba ribuan tema gratis. Terkadang Anda memerlukan fitur tema yang tidak dimiliki tema gratis, sehingga Anda memerlukan jenis tema WordPress kedua, yaitu tema Premium WordPress

Tema WordPress premium (berbayar). Tidak seperti tema gratis, Anda tidak perlu membayarnya. Jika Anda ingin menggunakan tema WordPress premium, Anda harus membayarnya. Lalu, kalau ada theme WordPress gratis, kenapa harus bayar?

Lalu apa perbedaan antara versi gratis dan versi premium?

Kalau gratis, buat apa bayar? Mungkin itu yang kamu pikirkan. Tentu akan ada bedanya, kalau tidak siapa yang mau beli theme premium kan? Saat ini saya menggunakan tema WordPress premium.